Friday, April 18, 2008

[Journal]Interview the hacker webzine dengan Stallman

Sebuah wawancara yang dilakukan oleh Ronald Van den Heetkamp dengan Richard M stalman sangatlah patut untuk kita simak, dimana sekilas tergambar jelas pola pikir dari pencetus sistem operasi GNU/Linux, GNU compiler (GCC), GNU Debugger (GDB) dan aplikasi Emacs yang sangat terkenal. Stallman memulai proyek GNU is Not Unix (GNU) ditahun 1983, dia juga merupakan penggagas lisensi "copyleft", yang termasuk didalamnya GNU General Public License (GPL). Ronald van den heetkamp menulis lengkap wawancara tentang "free software" yang di bumbui sedikit pertanyaan yang berhubungan dengan security dan hacker ini, di situs miliknya The hacker Webzine.

Banyak yang dapat kita pelajari dari wawancara tersbut, salah satunya adalah penjelasan gamblang dari Stallman ketika ditanya tentang ancaman terbesar bagi pengguna internet saat ini, diawali dengan pernyataan bahwa dia bukan merupakan ahli dibidang security, Stallman pun menjawab bahwa ancaman terbesar bagi pengguna internet adalah bukan dari aplikasi yang di install tanpa diketahui kejelasannya (seperti virus, trojan, dsb), tetapi lebih kepada sistem operasi dan aplikasi yang sudah diketahui oleh user terinstall, dia mencontohkan aplikasi "Proprietary" seperti windows, macos, Realplayer, dan flash di ciptakan untuk membatasi dan memata-matai, sebagaimana diketahui bahwa windows dan macOS bahkan diketahui memiliki bakcdoor. Saya cukup sependapat dengan hal ini, aplikasi genuine check, aplikasi remote assistance yang menyala secara otomatis pada windows sudah membuktikan hal tersebut (lalu, apalagi?).

Saat ditanya tentang apakah GNU/linux memiliki masa depan yang lebih baik sebagai sistem operasi desktop maka Stallman mengatakan itu tergantung kepada kita semua, dan dia menjelaskan bahwa GNU/linux bukanlah mainan untuk para "Geek". Ada ratusan bahkan ribuan anak sekolah di spanyol dan india yang menggunakannya di sekolahan umum, dan hanya sedikit dari mereka merupakan "Geeks" serunya lagi. Kemudian Ronald menanyakan tentang hacking kepada Stallman, dengan panjang lebar Stallman menjelaskan
Hacking means exercising playful cleverness. A hacker is a person who is doing that or who generally likes to do that. Hacking doesn't necessarily have to involve computers: you can hack in any medium. And when it does involve computers, it doesn't necessarily relate to security in any way. The idea that "hacking" means "breaking security" was an error made by journalists around 1980. Since that error disparages us hackers, I will not accept it as legitimate. I refer to breaking security as "cracking" and those who do it as "crackers".

Sebuah jawaban yang dia berikan mudah-mudahan dapat menyadarkan kita semua bahwa kita tidak harus tau semuanya, dan jangan pernah berusahan untuk menjawab hal yang tidak kita kuasai karena hal itu akan membuat kita terlihat semakin bodoh. Saat diberikan satu pertanyaan oleh Ronald, maka dengan jujur Stallman menjawab bahwa itu bukanlah keahliannya. (meskipun saya yakin dia pantas untuk menjawabnya dan mudah-mudahan banyak "pakar" dapat belajar dari hal ini ;))
Ronald: What is the biggest mistake in the design of the Internet?
Stallman: That is outside my expertise, so I have nothing to say.

Untuk mengetahui lebih jelas wawancara tersebut anda bisa berkunjung ke Interview with Stallman.

sumber: journal e-rdc.org


No comments:

Post a Comment