Sunday, October 12, 2008

SEO monster

SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. - ( salin dan tambah dari wikipedia bahasa indonesia), tercatat beberapa tahun terakhir, banyak sekali kontes SEO yang menjadi tujuan para pemilik blog disamping "uang online" melalui iklan yang banyak mengacu pada kriteria SEO.

Sejak aku putuskan untuk merubah nama domain beberapa bulan yang lalu tepatnya 2 agustus 2008 (suatu hal yang sangat anti untuk dilakukan oleh para pemuja SEO) maka maklum saja jika Pagerank yang aku miliki dari 4 (pencapaian dari tahun 2004) berubah menjadi 0, lalu peringkat di Alexa menjadi turun drastis ke 3 juta, berbagai link di search engine juga menurun drastis jumlahnya. Tetapi akhirnya dalam waktu lebih kurang 2 bulan blog ini berhasil merebut kembali pagerank 4, dan menduduki urutan ke 600-an ribu di Alexa.

Aku sempat juga mencoba kembali "melacurkan" blog ini kesalah satu layanan adsense yang terkenal (lihatlah beberapa posting English yang sempat menghiasi blog ini berturut-turut), tetapi seperti yang sudah aku yakini bahwa permohonanku akan di tolak mentah-mentah (seperti juga permohonan pertama yang di putus sepihak saat perolehan akan menyentuh 100 USD, dan 3 permohonan lain yang akhirnya memblacklist email yang di daftarkan :)), yang sangat di sayangkan adalah kelicikan layanan tersebut yang membiarkan iklan tersebut tampil selama berhari-hari sebelum permohonan kita di putuskan untuk disetujui atau tidak :), tidak ada motivasi lain kecuali ingin mempelajari apa yang di ributkan orang-orang dengan tanpa berharap perolehan tersebut bisa di uangkan... toh, pada keywords saja terdapat "blackhat, underground, dsb", keyword yang harus anda hindari jika ingin "melacurkan" blog anda pada layanan tersebut.:lol:


Beberapa trik yang aku lakukan dan terbukti (relatif) sukses mengangkat kembali blog ini dalam panggung per-SEO-an (ukuran suksesku mungkin beda dengan kalian) adalah :
1. Mendaftarkan ulang situs ini ke berbagai search engine, silahkan coba ke google, yahoo, msn, dsb, khususnya mendaftarkan pada layanan direktori yang paling banyak di jadiakan acuan di internet yaitu dmoz.org, dan saya belum berhasil untuk mendaftarkan blog ini :) - lebih mudah menggunakan berbagai situs yang akan melakukan submit url anda ke berbagai situs pencarian.(sebagai contoh dari mypagerank; anda harus terdaftar)
2. Mengoptimalkan dan mengarahkan seluruh RSS feed ke feedburner yang memiliki berbagai fitur yang bermanfaat dan berintegrasi, bahkan yahoo dan google melarikan feed mereka ke feedburner.
3. Optimasi title blog anda, description dan keywords (khususnya untuk blog berbasis blogger)
4. [tweak pribadi] Aku menggunakan layanan del.icio.us untuk mencatat recent post; sehingga terjadi perputaran link dan backlink :)
5. Penggunaan Alexa toolbar saat mengakses situs anda, berguna meningkatkan level anda di Alexa
6. Hampir semua pencandu SEO telah mengetahui bahwa "Judul haruslah mencerminkan isi (beberapa trik yang di gunakan robot search engine (crwaler) adalah mencari frase yang terdapat di judul pada isi/content", dan inilah yang akan menentukan seberapa konsisten dan tepatnya artikel anda, dan akan menaikkan peringkat anda saat pencariian di search engine), judul yang dynamic (berubah-ubah) sangat bermanfaat :)
7. buatlah sitemap, kemudian "submit" kelayanan mesin pencari, dan ciptakan/gunakan ping engine yang akan otomatis mengupdate ke berbagai layanan mesin pencari.
8. Bertukar link dengan situs/blog yang sudah memiliki pagerank yang cukup mumpuni/tinggi. Atau mendaftarkan ke situs layanan backlink dalam batas wajar :)
9. Dan berikut adalah bererapa situs-situs yang benar-benar bermanfaat, gratis dan layak untuk dijadikan acuan serta beberapa tools dapat anda gunakan:
- google webmaster tools
- seo stats & tools
- bloggerbuster untuk para blogger mania :)
Mudah-mudahan sedikit sharing gratis tentang SEO monster dariku yang bukan master ini memberikan sedikit banyak manfaat :P, banyak sumber gratis di internet tentang Optimasi Mesin Pencari dan silahkan anda berjuang sendiri. Selebihnya , tidak ada motivasi khusus men-SEO-kan blog ini, tetapi berebut popularitas sedikit menghibur, habis, sudah gak tau mau ngapain lagi di internet? (bukan begitu? ..),

Btw ada sebuah "lawakan" dari teman saat membahas hal ini, "kalo mau belajar atau tanya soal SEO sama seseorang, coba cek dulu page-rank dan SEO stats milik situsnya, sehingga tidak seperti berobat gigi ke tukang besi, atau jangan tanya internet kepakar internet yang ga punya homepage/situs, atau kebadan yang ditugasi sebagai pengawas internet tapi ga punya email untuk di kontak :)" ... hahahha, never mind

gambar SEO-block adalah milik www.abacusasansol.com

11 comments:

  1. Wah, postingannya sip! Boleh juga nih dicoba..

    ReplyDelete
  2. @budiw: thx, silahkan di coba n di kreasikan :), mudha-mudahan bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Hehe, thanks boss. Gw juga nyobain beberapa dari tips itu sebelumnya. Walhasil situs belajar gw, http://www.konsultasidokter.com juga naik page rank-nya jadi 4 dalam waktu 3 bulan.

    Btw boss, jangan bilang dilacurkan dunk. Itu kan usaha legal. Boleh dong, masa dilacrukan.

    ReplyDelete
  4. @Amri Shodiq: wew, mantabs neh, jadi dokter virtuil :P, btw itu kok tampilan situsnya melebar ga karuan, emang dibuat fixed ?

    hehhee, **lacuran juga ada yang legal kan? bahkan terang-terangan. hihiihi, ga ada maksud apa-apa, cuma mempertajam kosakata niru para reporter ternama :P

    ReplyDelete
  5. wah serem dah jadi monster SEO aja kau sekarang kang :)

    ReplyDelete
  6. @Rozy: ah bisa saja kang rozy ini, kan cuma judul (**kayak tukang obat biar dagangan laku, kudu ekstrim kasih judul**) :P, pakabar nih?

    ReplyDelete
  7. Top, kang.
    coba dipelajari dulu lah...

    ReplyDelete
  8. wah mulai merambah ke SEO jg neh bang ? ;)
    ajarin dung :)

    ReplyDelete
  9. @caktopan: silahkan, kalo dapet yang lebih yahud, bagi-bagi yah :P
    @L41n: gak merambah, cuma iseng aja.. karena "gak tau mo ngapain lagi di internet" , toh blognya juga gak laku di sewakan,ahahah.

    ReplyDelete
  10. wah gak ngerti boss!!!! :(

    ReplyDelete
  11. kok layanan ping sevise di 'mypagerank' gak ada google-nya kang?
    kl saya mau di google saja...,layanan yg gratis tp 'mantap' pake apa kang? udah saya daftarkan ke om google tp gak update2...

    nuhun...,
    ^_^ blog saya jg mau di diaknosis dong kang...,

    ReplyDelete