Tuesday, November 25, 2008

Gentoo: Tambah pilihan Gnome-screensaver, install iotop dan nettop

Akhirnya sempet juga nambahin pilihan "screensaver" di gentoo gw, setelah gnome-screensaver didaulat sebagai pilihan utama (default) sebagai aplikasi screensaver, maka otomatis pilihan yang disediakan hanya sedikit saja.

Beberapa tahun yang lalu aku masih sering menggunakan Xscreensaver (ber-KDE) yang notabene memiliki banyak sekali pilihan screensaver, salah satunya yang berkesan adalah GLmatrix yang di rilis di 2004, dan bahkan saat screensaver ini berjalan pernah seorang ibu bertanya apakah saya sedang meng-generate sesuatu atau meng-crack sesuatu di komputer saya :) (korban  film kayaknya neh :P)

Akhirnya bertemu sebuah artikel/cara untuk memigrasikan berbagai screensaver dari Xscreensaver ke gnome-screensaver dengan  script yang sudah disediakan oleh gnome-screensaver, meskipun anda tetap bisa melakukannya secara manual :).

Sebelumnya, agar tidak bentrok antara gnome-screensaver dengan Xscreensaver, pastikan anda tambahkan "-gnome" pada saat membuildnya,

#echo "x11-misc/xscreensaver -gnome" >> /etc/portage/package.use
setelah itu silahkan install/re-install (emerge/re-emerge)
#emerge xscreensaver
#emerge  gnome-screensaver
#cd /usr/share/doc/gnome-screensaver-2.24.1/
#mkdir /tmp/sampah
#cp migrate-xscreensaver-config.sh.bz2 xscreensaver-config.xsl.bz2 /tmp/sampah
#cd /tmp/sampah
#bunzip2 *
#chmod +x migrate-xscreensaver-config.sh
#./migrate-xscreensaver-config.sh /usr/share/xscreensaver/config/*.xml
#mv *.desktop /usr/share/applications/screensavers/
#cp /usr/lib/misc/xscreensaver/* /usr/libexec/gnome-screensaver
 Step-step tersebut berlaku untuk gentoo, untuk sistem operasi lain, silahkan cari letak direktori yang mungkin sekali berubah.

Kemarin juga sempat melakukan installasi 2 buah utiliti bagus untuk anda yang suka melakukan benchmarking, atau lebih penasaran dengan sistem anda sendiri, yang pertama adalah iotop, sebuah utility bagus yang dibuat dengan bahasa pemrogan python, dan berfungsi untuk melihat proses I/O dimesin anda.

Utility ini aku ketahui setelah membaca ulasan di blog milik dberkholz yang merupakan salah seorang developer gentoo yang termausk dalam gentoo-council. Untuk dapat melakukan installasi, setidaknya kernel yang anda gunakan lebih dari versi 2.6.20 (mengaktifkan task i/o auditing), jika and abelum mengaktifkan fitur ini maka anda perlu mengkompile kernel anda ulang :), dan juga utility ini membutuhkan Python versi 2.5 untuk dukungan AF_NETLINK sockets.

Utiliy lainnya adalah nettop, Nettop adalah program yang tampilannya kan mirip seperti top, tetapi ini berfungsi untuk menampilkan statistik paket di jaringan (network packets). Untuk menjalankannya, seperti halnya aplikasi jaringan lain, nettop juga membutuhkan libpcap and slang untuk terlebih dahulu di install di komputer. untuk melakukan installasinya cukup dengan melakukan "emerge nettop".

Thats all folk, mudah-mudahan bermanfaat :)
Enjoy(tm)

No comments:

Post a Comment