Wednesday, March 04, 2009

Update Muka Blog

Sudah lama sekali gw ga ngupdate tampilan blog ini, baru kemarin sempat untuk melakukan sedikit perombakan kecil. Ya, akhirnya gw sempat merubah halaman utama, yang awalnya hanya menampilkan 1 posting, dengan recent post dibawahnya menggunakan sindikasi dari akun delicious gw,  maka kali ini gw menampilkan 5 buah post sekaligus yang bisa di expand.

Trik ini sangatlah bermanfaat untuk membuat pengunjung menjadi lebih lama bertahan di situs kita,  dan page yang diakses juga akan bertambah apabila pengunjung tertarik untuk melanjutkan membaca... betul tidak?.. :P


Adapun cara yang dilakukan untuk menciptakan "expandable post" masihlah konvensional/manual, padahal gw sangat berharap ini sudah seharusnya menjadi salah satu fitur yang di tawarkan blogger, karena ternyata belum, maka gw melakukannya secara manual berdasarkan petunjuk di halaman bantuan blogger berjudul "How can I create expandable post summaries?", atau anda bisa berkreasi sendiri untuk menjadikannya otomatis.

Gw pernah terpikir untuk memigrasikan tampilan blog gw ke theme "Cellar Heat" yang di rekomendasikan sebagai salah satu theme terbaik, tetapi apalah daya, gw masih terlalu sayang dengan theme yang gw obrak-obrik ini (sampai gw lupa apa aja yang gw udah ubah disini :lol:). Selanjutnya adalah menyingkirkan recent post yang gw buat dengan memanfaatkan delicious, menyembunyikan feedburner flare yang muncul di footer pada setiap post, dan hanya ditampilkan apabila post di tampilkan secara penuh (fullpost), hal ini dimungkinkan dengan mengkondisikan hal tersebut dengan kode sbb:

b:if cond="data:blog.pageType == "item""


Selanjutnya sedikit memodifikasi style untuk mempercantik halaman utama. Dan jadilah Tampilan sekarang, yang sekilas tidak terlihat perubahannya secara signifikan. Enjoy :)

1 comment:

  1. wah... jadi lebih cerah ya mas....
    tapi kayaknya bagian bawahnya (footer) rada kegedean?

    ReplyDelete