Thursday, September 17, 2009

Berpusing Ria Dengan launchctl

Baiklah, sekarang adalah pengalaman kedua gw berpusing2 ria dengan DareDevil yang ber-Os-kan snow-leopard (10.6.1), awal ceritanya gw ingin men"disable" bonjour, dikarenakan apa? ya cari tau sendiri lah.

Berdasarkan petunjuk dari Dokumen Konfigurasi keamanan untuk Leopard yang dibagikan gratis oleh Apple disini maka salah satu cara mendisable-nya adalah dengan menggunakan aplikasi "launchctl" yang gw rasa mirip dengan "rc-update" di linux.

Perintahnya sederhana saja "sudo launchctl unload -w /System/Library/LaunchDaemons/com.apple.mDNSResponder.plist" , oke, ga ada yang salah, dan bagi anda para pengguna linux akan familiar dengan pattern seperti itu. Lalu apa yang menjadi masalahnya? adalah jurus "salin&tempel" gw yang ternyata semakin mumpuni menyebabkan kesalahan fatal pada modifikasi proses booting Snow-Leopard. Perhatikan Petunjuk yang "salin&tempel" (block, Command+C, command+V) dari halaman 186.

Setelah gw lakukan salin tempel, kemudian terlihatlah kesalahan fatal yang gw lakukan, satu persatu proses di "unload" sampai layar biru muncul dan Daredevil menggantung dengan layar biru, sampai beberapa lama dan akhirnya gw paksa reboot dan saat kembali menyala dengan pongahnya menampilkan gambar Apple dengan gerigi berputar-putar tiada henti :) (Mudah-mudahan sudah pada menyadari dimana kesalahan gw yah :P)

Dari suatu kesalahan, pasti akan banyak pelajaran yang kita raih, itulah yang selalu gw terapkan dalam belajar, hanya saja keberanian mengobrak-abrik Macbook-Pro dengan Snow-leopard akan sangat berbeda dengan mengobrak-abrik PC-jangkrik dengan linux-nya :lol:. Yang terpikir dikepala gw adalah bagaimana me-load kembali seluruh process boot yang satu-persatu gw unload agar (mudah-mudahan) gw tidak perlu install ulang system. Berikut langkah yang dapat dilakukan:
  • Masuk Single User (Tekan Command +S saat booting)
  • Lakukan standar check filesystem dengan /sbin/fsck -fy
  • Mount filesystem agar bisa dimodifikasi /sbin/mount -uw /
  • Load seluruh process, gw belum menemukan referensi bagus mengenai process apa saja yang "butuh" di load, tetapi terpaksa gw load semua, dengan harapan nanti baru gw modifikasi "launchctl load -w /System/Library/LaunchDaemons/"
  • Reboot
Dan Snow-leopard anda akan sembuh kembali :). Jika kalian bertanya metoda belajar yang umumnya gw pakai, ya seperti inilah salah satunya. "Melibatkan diri dengan masalah!", adapun moral story dari kisah ini adalah "Jangan asal Salin Tempel" :lol:

Image snow-leopard adalah property dari art.com

3 comments:

  1. Woalah... daripada pusing2... yuk ah perang2an mafia lagi... :ngacir:

    ReplyDelete
  2. omm ammar punya refrensi tentang ddos,salve n attacknya? mau blajar neh...thx

    ReplyDelete