Thursday, April 12, 2012

Forum.echo.or.id Reborn

Sudah cukup lama halaman http://forum.echo.or.id tidak mengalami perubahan signifikan, bahkan cukup out-of-date dibanding rilis terbarunya (sampai beda 1 generasi rilis), alasan utama tidak dilakukan perubahan karena banyak kustomisasi dan perubahan kode php yang kami lakukan sebelumnya, sehingga tidak memungkinkan untuk sekedar langsung upgrade ke-versi diatasnya.

Minggu ini, akhirnya tersedia sedikit waktu untuk melakukan upgrade forum, agar menjadi lebih baik dan menarik, dan berikut ini adalah beberapa perubahan dan penambahan yang terjadi pada forum:

1. Forum dan subforum
a) Forum Warez (viewforum.php?f=5)
Forum Warez adalah room untuk berbagi aplikasi gratis, shareware dsb. Forum ini telah di non-aktifkan beberapa tahun lalu dikarenakan melanggar peraturan pihak hosting. Dan sekarang diaktifkan kembali karena echo sudah di host sendiri dan oleh karena kami rasa perlu untuk mengaktifkannya kembali.
b) Forum Computer forensic ( viewforum.php?f=60)
Forum ini merupakan tempat untuk berdiskusi terkait ranah computer forensic dan anti forensic.

c) Subforum Pemrograman (viewforum.php?f=1)
Terdapat beberapa sub-forum pemrograman yang dibuat berdasarkan jenis bahasa pemrograman yang sering dibahas di Forum algoritma 
d) Subforum Exploit Development (viewforum.php?f=38)
Terdapat sub-forum Nix-platform dan windows-platform dengan tujuan agar lebih spesifik pengembangan exploit berbasis 2 platform tersebut.


2. Fitur
Terdapat beberapa fitur/MOD tambahan, diantaranya:
a). Karma
Fitur ini mengijinkan antar user untuk memberikan Karma (+) dan (-), untuk aturan mainnya kurang lebih sebagai berikut:
i. Yang bisa memberi karma, hanya user yang post-nya sudah mencapai 100 post. 
ii. Ada batas maksimal untuk dapat memberi karma dalam 1 hari, dan terdapat rentang waktu antara pemberian karma.
ii. Range pemberian karma dari 1-5 , jadi maksimal 1 kali kasih 5 karma.
iv. Yang karmanya mencapai 1000 dan valid (validitas di tentukan echo|staff) akan kami tawari menjadi moderator di forum yang dia nyaman untuk memoderatorinya.


b). Share On
Fitur ini dipergunakan untuk mengupdate status ke twitter, facebook dsb yang berisi Topic/Posting dari tiap-tiap post yang menarik.


Besar harapan kami agar forum (yang telah ada dari 2003 dengan member saat ini 40.000 lebih) ini akan kembali menjadi salah satu forum yang aktif melahirkan banyak generasi yang "melek" terhadap IT Security seperti beberapa tahun kebelakang.

Sebagai catatan: saya pribadi akan sebisa mungkin lebih aktif di forum echo dibanding media social lainnya untuk berdiskusi.

No comments:

Post a Comment