Thursday, May 17, 2007

Dedek dan Tugas Akhirnya

Hm, Kali ini gw cuma mo nge-junk, ini adalah kisah dedek yang lagi sibuk-sibuknya ngebuat TA-nya (tugas akhir), Tema tugas akhirnya adalah membuat live cd yang telah di kustomisasi dan berisikan aplikasi enkripsi (encryption) berbasis web. Flash back dulu kira-kira 1 tahun yang lalulah gw pertama kali memperkenalkan dan "memaksa" dia untuk menginstall sistem operasi GNU/linux berdistribusi ubuntu di laptop barunya dan akhirnya harus di sandingkan bersama dengan sistem operasi M$ (baca juga Antara Pacarku, Ubuntu dan Laptop-nya.)

Sejak saat itu dia semakin akrab bermain di ubuntu, yang gw inget dia seneng banget pake dia, selebihnya ya pekerjaan "office" biasa, sampai akhirnya waktu penulisan TA-nya tiba, disamping beberapa "ide" yang dia miliki dia-pun menyempatkan untuk menanyakan "saran" tema dari gw, di dalam hati gw langsung terbersit ide untuk semakin "meracuni" dia dengan menyarankan pembuatan "Spesific Distro" (distro untuk keperluan spesifik) yang waktu itu gw sendiri belum tau mo diarahin kemana itu distro :P, sampai akhirnya beberapa saat kemudian dia menerima "racun" gw tadi dan menambahinya dengan beberapa kata kunci "live cd", "encryption", "web aplikasi", "dissaster recovery plan" sehingga menjadilah sebuah tema yang terus dia perjuangkan.

Campur tangan gw sebenarnya tidak cukup banyak (gw cuma mensupport dia dengan dokumentasi serta hot-line 24 jam ke hp gw .. hehehe :P ), gw hanyalah si "penebar racun" yang kemudian lari menghilang .. hehehe :P (selain emang gw sibuk :p, gw juga selalu di anggap marah-marah setiap gw menjelaskan sesuatu kepadanya; dan ternyata hal tersebut diamini oleh kedua teman se-angkatan gw sewaktu gw menjelaskan soal jaringan di salah satu sesi training :(, betulkah? beuh ; btw gw orang palembang men !, logat gw emang gini .. hiks hiks), alhasil untuk mendalami web-programming pun dia harus mengambil kursus intesif yang gw pikir terlalu melelahkan (tetapi tetap dia jalani). Hari ini pun dia menunjukkan haisl kodingnya yang gw anggap sangat brilliant, secara dia baru kursus beberapa hari dan sebelum ini belun pernah menyentuh dynamic-web-programming (dia pake php dan mysql) jadi gw hanya bisa "terperangah" dalam hati melihat barisan kode yang dia buat :) .. aseli salut aja. Apalagi kalo dia udah ngejelasin soal algoritma yang dia gunakan untuk "enkripsi", bagaimana dia mengenerate kunci, membuat master-key, menumpuknya di database dsb,.. saking malesnya gw mikir eh di otak gw malah sempet-sempetnya mikirin gimana nge-break-nya.... hahahaha.

Gw hanya bisa mensupport dan memberi dukungan semangat sebesar-besarnya, walau sering kita cekcok cuma karena hal beginian (maklum, mahasiswa kan masih idealis :P), dan gw cuma bisa mendoakan agar semua yang dia kerjakan akan lancar, amin. Sukses ya sayang ...

3 comments:

  1. Dips, kayanya boleh juga tuh ..., ada lowongan programmer PHP + JAVA cewe ditempat gw .. hehehehe

    ReplyDelete
  2. az001 : beuh enak aja :P, dah ada project khusus dari gw nanti :)

    ReplyDelete
  3. project apaan tuh dips...
    bukan project n***h khan???

    ReplyDelete