Tuesday, September 09, 2008

Blogger: follower gadget

Akhirnya Gadget "follower" sudah dapat digunakan hari ini, sebuah gadget yang sangat di nanti-nantikan sejak diumumkan di blogger buzz pada 27 Agustus 2008 (sekitar 2 minggu yang lalu), gadget ini akan menampilkan blogger-blogger lain yang membaca, mengunjungi, dan berjanji setia membaca (menambahkan dirinya sebagai "follower")  blog milik kita.


Gadget ini sedikit menginggatkan kita akan sebuah gadget dari layanan mybloglog yang terlebih dahulu memberikan sebuah widget/gadget yang akan menampilkan para pengunjung yang telah berkunjung ke situs/blog milik kita dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai anggotanya.


"Follower" adalah layanan resmi yang diberikan oleh blogger dan memberikan banyak kemudahan bagi para pembaca setia blog tertentu, adapun jumlah follower akan ditampilkan pada dashbord pemilik blog dan para follower juga akan dapat membaca langsung update-an posting dari blog yang di ikuti di dashbord milik mereka pada tab "blog I`m following".

Cara melakukan installasinya-pun cukup mudah dan sangat user-friendly (hmm..), dapat melalui Tab Layout > Page Element > Add Gadget dan pilih "follower", lalu sesuaikan letaknya dengan kemauan anda. Bagi para pengguna Google Reader akan mendapati folder khusus dalam Reader dengan nama folder "Blogs I`m Following", atau bisa juga menambahkan secara manual blog yang ingin kita ikuti perkembangannya di blogger Dashbord, click "Add", kemudian "Import from google Reader". Kabarnya, Follower juga sedang dalam tahap pengembangan untuk di gabungkan dengan Google Friend Connect.


Jadi, jika anda berminat mengikuti perkembangan terkini blog saya, Silahkan "ikuti" dengan cara Klik disini :)


updated: Ada keuntungan "mutualisme" disini, buat anda yang menjadi follower, anda dapat menjadikan gadget follower sebagai ajang promosi blog anda di blog yang anda ikuti (karena profile anda akan muncul, dan akan banyak di lihat oleh pengunjung blog yang diikuti :))

Ternyata fitur ini baru mendukung seluruh user yang menggunakan setting "English" pada blog account-nya , untuk bahasa lain (ex:indonesia) masih di kembangkan - Blogger Buzz
 


15 comments:

  1. saya kok belom bisa pasang follower gadgetnya ya mas?

    ReplyDelete
  2. @Dito wijanarko: maksudnya belum bisa dipasang itu gimana mas? apa tanda "+" belum muncul dan masih tertulis "experimental" , kalo seperti ini mungkin belum ke load yang baru, coba di refresh atau cache di bersihkan dulu, jika sudah muncula dan begitu di pilih "+" trus error, coba di ulangi, aku juga gagal di saat pertama (kalo aku permasalahan koneksi).

    good Luck

    ReplyDelete
  3. nge follow blog orang sih bisa... cuman masang widget nya belom bisa.. mungkin emang belom tersedia untuk semua blog nya...

    terima kasih ya..

    ReplyDelete
  4. @Dito Wijanarko : ow, gw ngerti, jangan pake dashbord standard (blogger.com), coba pake dashbord baru (draft.blogger.com), nah silahkan di cobain :)

    ReplyDelete
  5. @Dito Wijanarko: gw baru baca di blogger buzz kalo baru di support untuk blog yang di set dengan bhs english :)

    "Now it's available to all users in English. We'll keep you updated about when we launch it in Blogger's other languages.'" - http://buzz.blogger.com/2008/09/blogger-following-for-all.html

    ReplyDelete
  6. @ y3dips: dashboard udah di set ke draft.blogger.com sama bahasa juga udah di atur ke bahasa Inggris juga...

    apa emang masih untuk blogger2 tertentu ya..?

    ReplyDelete
  7. @y3dips: akhirnya bisa juga mas..
    ternyata bener setting language blog nya (format-setting-language) di set ke English

    aku pikir bahasa di DASHBOARD nya..

    makasih banyak ya mas,...

    ReplyDelete
  8. @Dito Wijanarko: ure welcome, ya itu sih kata para punggawa blogger di blogger buzz, kalo mereka boong aku juga ndak tahu, huehuehuehe :P, bagus deh kalo dah ok

    ReplyDelete
  9. Aduh2 disini orang pake blogspot semua. kalo pake blogsome gimana mas????

    ReplyDelete
  10. @dextro: untuk dukungan resmi dari blogsome, gw kurang paham :), tapi untuk general bisa memanfaatkan berbagai widget dari pihak ketiga, seperti mybloglog, blogcatalog dsb

    ReplyDelete
  11. makasih banget.. nice info neh.. [telat yah..duingduing]

    baru ta plikasiin di blog gw

    http://chamot-idea.blogspot.com

    haduw,, masih sepi suporter negh.. hakakaka... ada yng berminat :D:D

    ReplyDelete
  12. aduh..mas sudah saya coba...kok tampilannya beda yah..akhirnya ga jadi..deh di coba.

    ReplyDelete
  13. @adi: maksudnya beda itu gimana yah? kalo perubahan baru-baru ini yah emang beda **liat deh di blog ini** (keknya baru kemaren deh berubahnya :))

    ReplyDelete