Monday, September 01, 2008

Jurnal:Ultah Echo yang ke -5

1 September 2003, Echo pertama kali didirikan oleh 4 individu yang tersebar dan tidak pernah bertemu muka. Kala itu echo diawali dengan 4 orang staff, dan saat ini (2008) jumlah keseluruhan staff adalah 12 orang (1 orang siswa/ warga negara jepang kala itu, 11 orang warga negara Indonesia), setelah terkikis waktu akhirnya berbagai kesibukan, komitmen, dan kontribusi-lah yang menghapus satu-persatu staff (tiap-tiap individulah yang menentukan dia eksis atau tersapu menghilang), hingga saat ini jumlah yang aktif berkontribusi, mengadakan pertemuan offline dan online bisa di hitung jari (menjadi setengahnya)

Echo yang merupakan salah satu komunitas underground di nusantara memang berusaha merubah berbagai stigma yang telah terbentuk sebelumnya, terlepas dari berbagai bentuk penerimaan yang diberikan oleh komunitas, serta berbagai kekurangan yang kami "akui" kami miliki sebagai individu ataupun sebagai kelompok, tetapi setidaknya keberhasilan kami untuk bertahan "eksis" selama 5 tahun ini patutlah untuk kami banggakan.

Cikal-bakal komunitas ini sebenarnya adalah dari sebuah mailing list pada layanan yahoogroups yang diberi nama newbie_hacker yang di buat pada tanggal 10 juli 2003, dan masih aktif sampai saat ini dengan jumlah member yang sampai hari ini berjumlah 11991 dengan total post yang saat ini telah mencapai 25777 posting.

Berbagai pencapaian yang dapat kami banggakan dari segi kuantitas (mudah-mudahan di barengi dari segi kualitas juga) adalah rilis majalah elektronik (gratis, berformat UTF-8) echo zine yang sudah mencapai sebanyak 6 volume, 19 issue, dan 246 phile (211 Artikel + 16 Prophile + 19 Intro) dan di dukung lebih dari 60 kontibutor dan melingkupi berbagai bidang keilmuan, khususnya keamanan informasi (hacking, security, phreaking, forensics, carding, electronics, cryptography,local underground news). Rilis pertama kami terbitkan pada bulan oktober 2003, tepat 1 bulan setelah domain echo.or.id berdiri, dengan editor-in-chief pertama sekaligus pencetus echozine adalah m0by , dan saat ini editor-in-chief di pegang oleh 3 orang staff.

Forum diskusi milik echo yang di online-kan pada 16 september 2003, sampai 1 september 2008 telah memiliki member sebanyak 19540 (dan akan terus bertambah), jumlah yang tidak sedikit untuk sebuah forum diskusi di nusantara khususnya forum diskusi yang mengkhususkan untuk membahas mengenai keamanan informasi. Salah satu yang bisa kami banggakan adalah banyaknya individu-individu yang saat ini aktif berkiprah di komunitas sekuriti dan underground nusantara itu lahir dan bermula (starting point), berkembang, dan pernah mampir ke forum echo. Forum ini juga beberapa kali mengakibatkan domain echo secara keseluruhan di banned oleh penyedia layanan sampai akhirnya di pindahkan.


Salah satu kontribusi lain echo kepada komunitas secara gratis adalah dirilisnya berbagai infomasi keamanan dari berbagai aplikasi, melalui advisories yangtelah genap berjumlah 100 buah advisories yang sebagian besar menginfokan berbagai celah keamanan. Sebuah channel IRC room #e-c-h-o di server dalnet juga telah di buat oleh the_day pada April 2004, tetapi akhirnya harus di register lagi oleh K-159 pada Desember 2005, dan seiring waktu IRC terlihat semakin sepi.

Perjalanan yang echo lalui tidaklah gampang, pada awal berdirinya, kami pernah terlibat konflik (akibat salah paham) dengan komunitas lain, hal ini wajar, sebagaimana suatu komunitas baru yang pasti akan kesulitan mencari pijakan kala itu. Kami juga beberapa kali di adu-domba dengan berbagai komunitas (senior) yang ada, tidak hanya konflik eksternal, berbagai konflik internal pernah pula kami lalui. Alhasil, Echo yang kita lihat sekarang adalah hasil dari suatu proses panjang yang kami lalui dan kami harapkan bisa menjadi pengisi komunitas-komunitas lain di nusantara, dan suatu saat nanti kami harapkan dapat menjadi yang terbaik dalam memberikan kontribusi bagi nusantara. Amin.

Selamat ulang tahun yang ke-5 echo. Semoga di ulang tahun yang kelima ini makin banyak karya yang akan di lahirkan demi kemajuan bangsa dan negara, khususnya di dunia underground dan keamanan informasi.

"We are just what we are"

12 comments:

  1. Met Ultah buat ECHO yg ke-5 smoga smakin maju dan berkembang :)

    ReplyDelete
  2. Selamat deh :D

    ReplyDelete
  3. Dah lima tahun ya..
    Sayang aq baru kenalny 1 tahun yang lalu

    ReplyDelete
  4. tanya dong, yang dari jepang itu sapa sih? *penasaran*

    ReplyDelete
  5. met ultah buat echo.......

    ReplyDelete
  6. @monqichi:Terima kasih doa dan support langsungnya :), amin
    @Randi: Thx deh :D, kadonya mana?
    @Petunia: waktu yang panjang atau singkat tidak menjadi jaminan seberapa anda mengenal echo :)
    @Kosha: yang pasti bukan elo kosh :P, baca pengantar issue2 ezine, lihat bagian bawah.. idnya netrat, dulu siswa di jepang, join echo dan berkontribusi VPS untuk gw dan dedi coba-coba, sebenarnya itu teman dedi, dan waktu di ajak join dia tidak menolak, tetapi cuma bertahan sebentar, karena satu dan lain hal dia tidak eksis lagi.
    @fikar: terimakasih.....

    ReplyDelete
  7. Selamat yaaaaa

    ReplyDelete
  8. @Ple-Q: makasih yaaaaa
    @ordinareez: makasih! :)

    ReplyDelete
  9. wah,,,selamat yak buat echo,,,
    Semoga makin dewasa,,,and semoga researchnya makin bertambah banyak,,,, :D

    ReplyDelete
  10. wew..

    uda 5 taon..

    slamat..
    mudah2 panjang umur, n makin berguna..

    amiin

    ReplyDelete
  11. @kucingblack: amin, thx buat doanya
    @arthemist: yupe, thx

    ReplyDelete