Monday, November 10, 2008

Gentoo: Keyjnote, GCC dan Pdftk

Sudah lama gw memang ngefans sama keynote, sebuah aplikasi untuk berpresentasi besutan Apple. Dan di karenakan belum ada minat (sebenarnya belum ada uang rejeki) maka sampai saat ini gw belum pernah menggunakan OS-X dan keynote-nya. Sampai akhirnya gw mendengar sebuah apliksi opensource dengan nama yang mirip dan di akui banyak individu memiliki kemampuan unik dalam membantu presentasi, yaitu keyjnote.

KeyJnote is a program that displays PDF presentation slides with style. Smooth alpha-blended slide transitions are provided for the sake of eye candy, but in addition to this, KeyJnote offers some unique tools that are very useful for presentations.
Keyjnote yang dibuat oleh KeyJ terakhir dirilis versi 0.10.2 di bulan februari tahun ini, dibuat dengan bahasa pemrograman python dan terlepas dari "kungkungan" OS (OS independent) membuat aplikasi ini dapat digunakan di berbagai platform.

Sudah sejak lama saya ingin menginstall applikasi ini, dan untuk sistem operasi Gentoo, anda cukup melakukan "emerge keyjnote", yup betul semudah itu. Tetapi tidak buat saya dan anda semua yang sudah menggunakan GCC 4.3.X, kita akan menemukan masalah besar dengan kompilasi pdftk,
Pdftk allows you to manipulate PDF easily and freely. It does not require Acrobat, and it runs on Windows, Linux, Mac OS X, FreeBSD and Solaris
Dan dikarenakan salah satu engine yang digunakan oleh Keyjnote dalam memanipulasi file presentasi yang berformat PDF, maka mau tidak mau harus menginstall pdftk sebagai pendukungnya.

Isu kompilasi pdftk sudah lama menyebar bahkan beberapa patch sudah gw coba, tetapi masih belum berhasil, akhirnya terpaksa "roll back" menggunakan GCC 4.2.4 untuk melakukan kompilasi pdftk,

venom ~ # gcc-config -l
[1] i686-pc-linux-gnu-4.1.2
[2] i686-pc-linux-gnu-4.2.4 *
[3] i686-pc-linux-gnu-4.3.2


sehingga akhirnya gw berhasil melakukan installasi Keyjnote di Gentoo dan pertama kali di gunakan pada acara Seminar dan CTF Hacking Game di Palcomtech, palembang kemarin :).

Happy presenting guyz,

images are from : http://freshmeat.net/screenshots/56112/60292/

3 comments:

  1. ehem..ehem..jadi pengen batuk neh haahaha

    ReplyDelete
  2. keyjnote kayaknya udah ga dikembangin dan dilanjutin lagi. kalo cari gui, pake openoffice presentation aja. di versi tiga, termasuk versi 2 minor terakhir dia sudah punya efek 3dimensi yg ga kalah lho..

    ReplyDelete
  3. @k-159: ehem-ehem juga :P, biarin wek.. cie cie yang jadi selebs :P

    majalah.linux: OOo 3 too way heavy..., soal tidak dilanjutkan lagi sih ga tau juga, minimal awal taun terakhir di rilis.

    ReplyDelete