Saturday, December 20, 2008

Gentoo: Xorg bug, keyboard dan mouse tidak berfungsi saat login & vmware bug

Setelah kegiatan idsecconf2008 selesai, akhirnya gw bisa melakukan upgrade paket (karena setelah melakukan upgrade, berarti mesin gw masuk ke state arch lagi, not stable :p) , seusai updet dan saat menyalakan kembali dan masuk ke halaman login gnome maka hampir seluruh "key" pada keyboard dan mouse akan menjadi tidak berfungsi. Sebenarnya bug ini tidak terlalu kritikal, tetapi yang menarik adalah proses pencarian gw untuk me-resolve-nya dengan cara mencari paket yang ber-bug tsb, baik secara manual maupun "googling" dan berkunjung ke http://bugs.gentoo.org.

Pencarian manual adalah dengan mengasumsikan bug tersebut berdasarkan tingkah laku, suspect gw adalah gnome, gdm, x11-input-keyboard, x11-input-mouse, x11-input-evdev, gnome-settings-daemon, dan synaptics, (pokoknya salah satu dari mereka ini: asusmsi gw kala itu) selanjutnya adalah tinggal mencek tanggal ebuild terbaru (kalo bener tanggalnya baru (minimal setelah idsecconf) maka kemungkinan benar), kemudian di downgrade, ternyata cara ini tidak berlaku. Kesalahan suspect juga berujung kesalahan dalam menjadikan keyword untuk googling dan searching di situs bugs gentoo. Sampai beberapa hari gw harus mengalami hal ini, dengan workaround merestart XDM (gdm) setelah masuk halaman login (tekan alt + f1, login dari console, /etc/init.d/xdm restart).

Sampai akhirnya gw menemukan juga paket yang mengakibatkan hal ini terjadi, yaitu xorg-server, tanggalnya menunjukkan waktu yang tepat dengan waktu pertama kali gejala ini muncul (17 desember 2008), biasanya gw selalu membuat temporary file saat mengupgrade berisi list file yang di upgrade, untuk memudahkan kalo terjadi beginian: "emerge -upv world > temp-pack.txt", eh kali ini gw lupa :(

Setelah itu langsung saja meluncur ke bugs.gentoo.org dan menemukan laporan guide untuk mengupgrade xorg-server-1.5.3, ada 3 cara yang di sarankan remi untuk mengatasi hal ini:
1) membangun ulang xorg-server dengan flags USE=-hal
2) menambahkan pilihan AutoAddDevices/AutoEnableDevices/AllowEmptyInput di xorg.conf
3) menghilangkan seluruh pilihan input (input sections) dari xorg.conf dan menyeting ulang HAL

Gw memilih cara nomer 2, yang juga diusulkan pada saat thread ini dibuat.tambahkan
Section "ServerFlags"
Option "AllowEmptyInput" "false"
EndSection
voila, sekarnag semuanya berjalan sempurna.

1 buah bug lagi yang belum resolve adalah terkait dengan vmware, bug ini cukup kompleks terutama bagi yang telah melakukan upgrade kernel >2.6.25-gentoo-r5 termasuk gw :P (tetapi untungnya itu versi kernel 2.6.25-gentoo-r5 milik gw belun gw libas). Permasalahnnya adalah vmware-server 1.0.8.126538 hanya bisa bekerja dengan vmware-modules-1.0.0.15-r1 (terlihat dari dependensi di vmware-server ebuild, karena memang modules yang bisa bekerja di vmware server 1.0.8 adalah versi 1.0.0.15-r1 kebawah), sedangkan vmware-modules-1.0.0.15-r1 ini tidak bisa di bangun/kompilasi (rebuild) dengan kernel > 2.6.25-gentoo-r5, nah lo!

Ada selentingan bahwa modulesnya (vmmon, vmnet, vmblock) akan di include-kan pada rilis kernel terbaru tanpa harus mengkompilasi-nya (ow indahnya), ya kita lihat saja nanti :). Happy trouble shoot

5 comments:

  1. ckckck... apa itu... bikin bingung saya aja :P
    btw, kalo mau pakek Gentoo/Sabayaon minimal harus pakek prosesor yang dualcore ya biar kuat untuk nginstal program ato ngompile2?

    ReplyDelete
  2. Berarti bug yg kemaren waktu di idsec blun solved juga mas ? Yg setelah fullscreen dari vmware itu lalu balik ke desktop, fungsi keyboard-nya ga berfungsi (eg. BREAK). cmiiw.

    ReplyDelete
  3. @ordinareez: ya begitulah, gw jg bingung :P, semua distro juga lebih bagus kalo dualcore, cuma kalo pake dualcore jadi memungkinkan kamu sambil kerja sambil kompilasi paket, jika tidak yah pas mau tidur baru di kompile, hehehe.

    @Nitrouz: belun tuh, ini bug lain lagi. a.k.a vmwarenya ga bisa ngeload modules (vmmon, vmnet, vmblock) yang artinya guest jadi ga bisa running, kalo bug yang sebelumnya itu belun sempet hunting-hunting lagi, hehehe. Dah nemukah solusinya?

    ReplyDelete
  4. Belum nemu kang ><" Boro" nemu bug nya, install aja aye kaga pernah kang. lol Tapi aye doain cepet ketemu deyh :-D

    ReplyDelete
  5. @NitrouZ: huahuahua, no problem sekarang, gw dah pake versi 2.x

    ReplyDelete