Monday, February 09, 2009

Summary of last week

Sebenarnya gw sendiri takut kalo model "summary" bakal jadi trend buat blog gw, tetapi suer gw emang udah ga sempet lagi buat nuntasin satu buah artikel pun buat blog ini baik di hari kerja dan weekend, jadi daripada makin mati selera nulis gw, akhirnya sekali lagi gw rangkum aja biar mudah, murah dan efisien :P

Memperbesar Ukuran vmware
Untuk mengatasi permasalahan space pada vmware, hal yang paling mudah adalah dengan menambah partisi baru, tetapi terdapat juga keterbatasan dari cara ini, khususnya untuk beberapa salah satu sistem operasi yang gw gunakan ini, ya, ternyata dominasi sistem operasi MS ini memaksa gw tetap harus menggunakannya (jangan tanya lagi soal ini ye :P).


Akhirnya gw memutuskan untuk menjalankannya di vmware, dibandingkan melakukan booting terlebih dahulu untuk memanfaatkannya (dual boot), pertama kali dibuat hanya di beri 3,5 GB dan ternyata untuk mengupgradenya ke SP 3 saja butuh lebih kurang tambahan 300 MB, akhirnya mau tidak mau harus di perbesar.

Dan berikutlah cara yang gw tempuh:

1. Gunakan program bawaan vmware untuk memperbesar ukuran Virtual Machine Disk
2. Kemudian, agar bisa dikenali oleh sistem operasi, silahkan di merge dengan gparted (umumnya terdapat di berbagai livecd), atau bisa menggunakan disk manager lain yang anda sukai.

Install Scapy di FreeBSD
Tidak banyak yang gw lakukan dengan freebsd di neotarantula gw akhir-akhir ini, selain menginstall VLC, mplayer dan beberapa aplikasi networking lainnya.tetapi saat menginstall scapy dan butuh untuk menginstall numpy (salah satunya) yang membutuhkan gcc ver 4.3.x, maka akan didapati error datasize dibawah 700000, silahkan di cek dengan limits, untuk menambahnya dapat di set di pada /boot/loader.conf, atau menggunakan limits -d (sementara)
kern.maxdsiz="734003200"
Install CentOS di vmware-server
Penggunaan vmware-server versi 1.x untuk guest OS bersistem operasi centOS, tidak memungkinkan anda untuk menggunakan disk type SCSI, dan harus memaksa anda memilih IDE, dikarenakan SCSI controller yang tidak kompatibel untuk CentOS versi 5.2 (untuk pemilihan others linux). Untuk vmware-server versi 2.x sudah mendukung kompatibilitasnya, dan tidak ada masalah. Gw menginstall CentOS untuk pertama kalinya dikarenakan ingin mencoba Amanda server dan client under centOS.

Yup, disamping membuat beberapa kode yang gak bisa gw share disini (terkait pekerjaan gw) dan yang akan gw share di issue 20, mempersiapkan issue 20 echozine yang ternyata makin sulit untuk menyisihkan waktu, minor update freebsd helper gw, nonton heroes season 4 chapter 1, one piece episode 1-41 (300 episode lagi menunggu), gundam 00 season 2 episode 17, dan pastinya nemenin istri tercinta yang lagi mengandung tuk check up ke dokter, dsb.

Dan mudah-mudahan apa yang gw tulis kali ini tentang "kisah minggu lalu" gw masih bisa memberi manfaat buat kita semua.

Cheers :)

No comments:

Post a Comment