Wednesday, March 18, 2009

Fitur Bermanfaat Vtiger CRM

Secara beberapa hari ini ikut ngelanjutin kerjaan temen buat "ngoprek" Vtiger CRM, jadi gw mo bagi cerita juga sedikit tentang beberapa fitur yang bermanfaat dari vtiger crm. Bagi yang belum tau apa itu vtiger, maka menurut situs resminya "vtiger CRM is a free, full-featured, 100% Open Source CRM software ideal for small and medium businesses, with low-cost product support available to production users that need reliable support".

Berikut adalah 2 buah fitur tambahan yang bisa jadi bermanfaat juga buat pengguna vtiger lainnya.

1. vgcal, vtiger Google Calendar Integration

Adalah sebuah aplikasi tambahan (add ons) untuk vtiger yang memungkinkan kita men"submit" event yang kita buat di kalender yang terdapat di Vtiger crm ke kalender kita di google. Adapaun cara detilnya sudah tertulis dalam dokumentasi resminya.

Syarat terpenting adalah, anda harus memiliki versi PHP yang sudah mendukung Google Data library yang telah di sediakan oleh ZEND Framework. Tersedia juga cara bagaimana ada dapat melakukan upgrade Php anda ke versi diatas versi 5.1.4 (default versi php yang di gabung 1 dalam installasi exe) dan aktifkan ekstensi dukungan terhadap SSL, Selanjutnya apabila tombol (button) "add2google" tidak muncul juga maka silahkan meghapus isi direktori Smarty\templates_c\

2. Incoming Email Integration

Fitur kedua yang yang layak di tambahkan adalah integrasi email di mailbox anda dengan webmail milik vTiger, untuk itu anda memerlukan PHP dengan versi diatas 5.2 yang sudah mendukung IMAP pada server berbasis MS. Pastikan php anda me-"load" ekstensi imap, untuk MS platform, "extension=php_imap.dll", dan untuk Unix platform "extension=php_imap.so"

Anda juga harus memastikan bahwa server vtiger ada tidak terhalang (firewall) untuk mengakses port IMAP server anda, Adapun konfigurasi utuk pengguna Google Apps, adalah:
Display Name: User Name
Email : username@yourdomain.com


Incoming Server
Mail Server Name or IP: imap.gmail.com
User Name: username@yourdomain.com
Password: (Password)


Mail Protocol: IMAP2
SSL Options: SSL
Certificate Validations: Do Not Validate SSL Cert
Refresh Timeout: (Terserah Anda)
Email per Page: (Terserah Anda)

Dan itulah 2 fitur bermanfaat yang bisa anda tambahkan ke Vtiger anda, mudah-mudahan bermanfaat :)

5 comments:

  1. saya bingung mau posting kemana...

    saya minta ilmu dong..

    saya mau kejar cita-cita nih

    ReplyDelete
  2. ada ebook yg lengkap buat pelajari semua feature2 vtigernya gak mas? thanks

    ReplyDelete
  3. cara penggunaanya liat disini aja gan https://wiki.vtiger.com/index.php/Salesforce_Automation

    ReplyDelete
  4. cek disini gan https://wiki.vtiger.com/index.php/Salesforce_Automation

    ReplyDelete