Sunday, May 17, 2009

Recovering Ubuntulinux.or.id

Beberapa hari yang lalu, dapet pesan pendek dari kosha yang mengabarkan bahwa forum ubuntulinux.or.id tidak dapat diakses sebagaimana mestinya dikarenakan terjadi crashed di salah satu table databasenya,
(5/15/2009 6:00:11 PM) kosha: om sori om
(5/15/2009 6:00:12 PM) kosha: phpBB : Critical Error Error doing DB query userdata row fetch DEBUG MODE SQL Error : 145 Table './some_dbname/table_users' is marked as crashed and should be repaired
(5/15/2009 6:00:27 PM) kosha: forum ubuntu butuh repair kayaknya databasenya :D
(5/15/2009 6:00:29 PM) kosha: thx om...


Alhasil, langsung aja konek via ssh ke server hosting, konek lokal ke db, dan tinggal Repair table yang dimaksud. Dan ternyata setelah proses repair akun malah menggantung, dan setelah di periksa lebih jauh, ternyata space hosting melebihi kapasitas seharusnya akibat spam "menahun" ke database blog yang berakibat juga ke database forum, akhirnya nego dengan pihak terkait sehingga gw dapat melaksanakan proses pembersihan sebagaimana mestinya.

Akhirnya daripada ribet ngurusin spam komen ke wordpress padahal space hosting buat blog ubuntulinux dan forum terbatas banget (maklum sahaja dari saat di launch sampai saat ini semuanya masih modal pribadi beberapa individu sampai kepribadi, n gw gak komplain soal itu makanya jangan ada yang komplain soal space hosting :P, "fair enough huh" :) ). Blog yang meskipun telah di jagain spam karma dan captcha masih juga meloloskan spam (memang gw ga restrict banget terhadap ini blog dari segi aplikasi bahkan pada awalnya siapapun bisa registrasi, dan gw juga sedikit kekurangan waktu buat investigasi lebih jauh dari sekilas investigasi terlihat bahwa spam bot memanfaatkan celah dari versi tertentu spam-karma dan secara langsung me-whitelist ip/domain tertentu kemudian melancarkan serangan berantai pada post yang memiliki komen aktif :lol:), akhirnya terpaksa seluruh fasilitas komen ke semua post gw disable pake jurus tembak langsung ke database aplikasi dengan perintah sbb:

UPDATE table_posts p SET comment_status = 'closed', ping_status = 'closed' WHERE comment_status = 'open';
Dan, selanjutnya kita lihat nanti, sebenarnya dah lama gw mo upgrade dan update itu blog engine, tetapi saat ini masih sebatas wacana sahaja. Baiklah, dan moral story yang bisa diangkat dari kasus ini adalah "kalo punya situs di urusin :P", hehehehe.., ada yang mo jadi volunteer untuk bantuin ?

6 comments:

  1. Saya mau deh mas bantuin moderate..

    Dony Ramansyah

    ReplyDelete
  2. @Private Store: ayuh ayuh silahkan, Japri aja yah :D

    ReplyDelete
  3. jadi forum tumbang gegara blognya diserbu spam?

    makanya blog ubuntu ngga usah di SEO biar ngga diserbu spammer... :P

    ReplyDelete
  4. @Kosha: ya itu dia, karena ada id elo sebagai keyword :P yang memancing para spammer ... wkakakaka

    ReplyDelete
  5. gubrak!

    etapi kok blacklist ip dan user jadi pada ilang yah, nyambung sama database yang error ini ngga?

    ReplyDelete
  6. @Kosha: maksudnya yang di forum? kalo di forum seharusnya ga ada hubungannya, krn gw cuma "imunisasi" database blog. Kalo blog ya emang iya, gw disable aja sekalian :)

    ReplyDelete