Thursday, May 28, 2009

Sinkronisasi itouch di Gentoo, Rhythmbox dan GTKpod

Mungkin sudah agak lama keinginan gw untuk dapat mensikronisasikan ex1a gw dengan neo-venom gw, terutama untuk urusan maintain lagu, sekaligus maintain photos dsb, untuk urusan kalender dan email langsung gw serahkan ke aplikasi resmi dari ipod touch sendiri untuk berhubungan dengan gmail :).

Berikut adalah kurang lebih cara untuk melakukannya, Langkah pertama dan harus dilakukan adalah melakukan Jailbreak terhadap itouch/iphone milik anda terlebih dahulu, karena jika tidak, gw mohon ga usah diteruskan membaca ini :), Kemudian, di itouch/iphone anda perlu untuk di install applikasi sbb:

- BSD Subsystem
- OpenSSH
- mobile terminal

Selanjutnya, pastikan bahwa kernel di komputer yang dimiliki mendukung FUSE, silahkan periksa file konfigurasi kernel anda,

cat /usr/src/linux/.config | grep CONFIG_FUSE
CONFIG_FUSE_FS=y

Apabila belum?, silahkan kompile ulang kernel anda, dan pastikan fuse terinstall dan di load oleh kernel. Selanjutnya anda harus melakukan instalasi sshfs-fuse, yaitu Fuse-filesystem yang memanfaatkan layanan SFTP/SSH services (layanan ini sangat bermanfaat buat pengguna sftp/scp),

emerge sshfs-fuse

Kemudian, konfigurasikan ssh dengan dukungan tanpa password, anda dapat memanfaatkan dukungan otentikasi RSA. Lalu, anda bisa secara manual melakukan mounting dan unmounting, serta mengkonfigurasikan secara manual folder hasil mount anda yang akan dibutuhkan oleh aplikasi rhytmbox/gtkpod untuk dapat melakukan mounting itouch/iphone anda nantinya,
mounting manual dapat dilakukan dengan perintah
ammar@lenovo9 / $sshfs root@ipod:/var/root/Media /media/ipod

dan unmounting dengan
ammar@lenovo9 / $fusermount -u /media/ipod

Atau anda dapat menggunakan script dari ipod-convenience, tetapi dengan catatan anda merubah terlebih dahulu scriptnya, karena anda akan mendapatkan error "Please add yourself to the fuse group, logout/in and try again.", hal ini disebabkan pada Gentoo (tidak tau pada versi unix/linux lainnya) tidaklah dialokasikan specific user/group untuk fuse (apabila anda melakukan instalasi via portage, lain cerita jika anda mengkompilasi sendiri), sehingga anda perlu memodifikasi script tersebut agar tidak melakukan pemeriksaan saat di eksekusi.

Remark/Delete baris ke 44 sampai 48 pada file/script "ipod-touch-mount & ipod-touch-umount" yang berisi "perintah memeriksa user di grup FUSE" yang tidak berlaku pada Gentoo, menjadi

#Make sure we are in the fuse group
#if ! groups | grep fuse 2>&1 > /dev/null; then
# echo "Please add yourself to the fuse group, logout/in and try again."
# exit 4
#fi

Selanjutnya, anda cuma perlu mengkonfigurasikan file "ipod-convenience (ikuti readme)" dan untuk memudahkan proses mounting anda dapat membuatkan alias untuk device anda (device ex1a gw diberi alias ipod)
ammar@lenovo9 / $ cat /etc/default/ipod-convenience
# iPod Convenience Settings

#This is the area that you will be using
#To mount your iPod or iPhone at
MOUNTPOINT=/media/ipod

#This is the ip address that your iPod or
#iPhone has on your network. It is highly
#recommended that you use DNS or a static
#address
IPADDRESS=ipod

ammar@lenovo9 / $ cat /etc/hosts | grep ipod
192.168.16.113 ipod
ammar@lenovo9 / $

Aplikasi di gentoo yang gw gunakan untuk melakukan manajemen ipod gw adalah RhythmBox dan GTKpod. Adapun untuk aplikasi gtkpod sendiri anda disarankan untuk menggunakan versi gtkpod 0.99.12 atau yang terbaru (gw menggunakan versi 0.99.14), dengan libgpod versi 0.7.2.

Selanjutnya silahkan melakukan add ipod repository di gtkpod anda, dan open folder di Rhythmbox (apabila tidak muncul secara otomatis). Sedikit tips apabila terjadi kegagalan karena DBversion bisa dilihat di sini, meskipun tidak gw temui dan gw berhasil tanpa merubah/menurunkan DBversion di ex1a gw. Beberapa bacaan bagus bisa di lihat disini dan disana.

Oke, selamat menikmati sinkronisasi itouch/iphone anda di GNU/linux dan semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment