Sunday, May 09, 2010

Gentoo pwn3d Snow Leopard

Sebenarnya sudah lama juga baca-baca soal Gentoo Prefix ini, tetapi belum juga kesampaian untuk mencobanya, sampai akhirnya pagi ini baru ada waktu lowong sambil ngerjain pekerjaan listrik-melistrik :lol: dan juga baru selesai nge-backup ke TimeMachine sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak mencobanya.

Gentoo Prefix adalah salah satu projekt yang bertujuan agar sistem operasi Gentoo khususnya package manager (portage) yang dimiliki oleh Gentoo dapat di nikmati di berbagai Arsitektur dan sistem operasi lain, Sejauh ini Gentoo Prefix telah berjalan di Mac OS X (PPC atau intel), Linux (x86, x86_64 dan ia64), Solaris 10 (Sparc, Sparc/64, x86 dan x86_64), FreeBSD (x86), AIX (PPC), Interix (x86), Windows (x86 dengan Interix) and HP-UX (PARISC dan ia64)

Adapun kelebihan yang menonjol dari Gentoo Prefix, selain karena ini Gentoo :) adalah:

  1. Memberikan dukungan userland dari berbagai Tools GNU di berbagai sistem operasi (sed, awk, grep, tar, dsb)
  2. Installasi aplikasi tidak akan merusak host OS 
  3. Kemampuan Instalasi dan operasi tanpa Privilige Administratif
  4. Untuk meng-uninstall-nya cukup dengan menghapus (rm -rf) Prefix direktori ($EPREFIX)
Cara instalasi untuk OSX di jabarkan dengan jelas di sini, gw membutuhkan waktu lebih kurang 8 jam untuk melakukan instalasi (bagi anda yang tpernah melakukan instalasi Gentoo, hal ini tidaklah aneh dan masih termasuk waktu yang cepat :P), tetapi hal ini juga dikarenakan koneksi super cepot yang gw miliki :P (mungkin bagi pemilik koneksi super cepat akan lebih cepat) serta Lebih kurang 1 GB alokasi space.

Baiklah, agar lebih mudah untuk dimengerti sebagai contoh sederhana adalah instalasi Aplikasi Nikto yang tidak terdapat pada MacPort tree, meskipun kita bisa saja melakukan instalasi/kompilasi aplikasi tersebut secara manual. 


Tetapi, dikarenakan nikto terdapat pada Portage Tree milik Gentoo (prefix) maka kita cukup melakukan emerge paket Nikto, dan kita juga pahami disini bahwa eksekusi nikto hanya dan akan berjalan di Prefix ($EPREFIX) yang sudah kita tentukan. Gentoo Prefix, juga merupakan salah satu Alternatif selain MacPort, dan Fink.

Dan tentunya banyak lagi hal-hal yang bisa anda eksplorasi karena anda memiliki sistem operasi Gentoo didalam Snow Leopard anda :). Layak untuk di coba khususnya untuk anda yang merasa rindu dengan Gentoo :)

2 comments:

  1. mantab dips info nya, gw dr dulu pengen bngt punya sistem gentoo under osx tanpa hrs install di vm. nyicip ahhhh....

    ReplyDelete
  2. wah harus dicoba juga ini...

    *siap2 bakar jaringan* :P

    ReplyDelete