Tuesday, June 14, 2016

Review: eMAPT certification (Bahasa)

Hallo all, ternyata sudah lebih dari 2 tahun saya sudah tidak pernah menulis di blog ini :(, oleh karena itu sebelum memulai post pertama saya setelah 2 tahun, maka pertama-tama saya mau minta maaf atas semua kesalahan saya, baik yang sengaja atau tidak di sengaja khususnya di bulan baik ini (Ramadan) dan mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan baik dan istiqomah.

elearnsecurity eMAPT dengan kursusnya Mobile Application Security and Penetration Testing (MASPTv1) ini adalah salah satu jenis sertifikasi dan kursus yang langka, kenapa langka? karena sertifikasi terkait mobile security yang bisa saya temukan hanya eMAPT dan GMOB (GMOB: GIAC Mobile Device Security Analyst) keluaran SANS, dan setelah membanding-bandingkan berbagai hal yang ditawarkan maka akhirnya saya pilih sertifikasi dari elearnsecurity.


Salah satu hal mengapa saya memilih MASPT adalah karena model kursus yang self-learning (anda cukup download modul dan video),dan diberikan materi untuk labs (aplikasi Android dan iOS), dan hands-on (sejenis dengan kursus dari offensive-security) dan yang terpenting proses sertifikasi dengan ujian praktek. Bagi yang berminat, untuk informasi lengkap terkait kursus ini dapat anda pelajari disini.

Tetapi berbeda dengan kursus dari offensive-security yang terdapat rentang waktu yang ketat, maka kursus dari elearnsecurity ini sangatlah longar terhadap jadwal baik kursus dan ujian, bahkan untuk saya yang memilih paket "elite" tidak ada batasan waktu kapan ujian (bisa 1 bulan kemudian, atau 10 tahun kemudian). Hal ini pula yang membuat saya yang memulai kursus di februari, baru mengambil ujian pada bulan mei akhir, oleh karena itu hal ini sangat perlu menjadi perhatian serius agar tidak sampai terlewat bagi teman-teman yang nantinya berminat mengambil kursus dari elearnsecurity.

Untuk lama waktu ujian yang diberikan memang cukup lama dibanding 2 sertifikasi (OSCP, OSCE) yang pernah saya ambil 3-4 tahun yang lalu, yaitu 1 minggu (7 hari) :), sehingga seharusnya sangat santai sekali melakukan reversing/analysis/exploitation terhadap aplikasi mobile yang di berikan dan kemudian mengirimkan aplikasi exploit (Source dan binary) yang sudah kita buat.

Dikarenakan antusiasme saya yang tinggi, setelah 1 hari pengerjaan saya langsung mengirimkan aplikasi exploit, dan tidak seperti 2 sertifikasi sebelumnya yang dalam hitungan hari di jawab perihal hasilnya, tetapi untuk elearnsecurity saya mendapatkan jawaban 16 hari kemudian :P, cukup menyiksa bagi anda yang penasaran. Tetapi apabila exploit anda telah sukses mengeksploit aplikasi (dan dummy application) yang di berikan maka seharusnya anda sudah dapat tenang.

Bagi anda yang berminat di bidang mobile application security and penetration testing dan butuh sertifikasi maka materi kursus dan sertifikasi eMAPT dari elearnsecurity ini dapat menjadi salah satu pilihan, Good luck :).


3 comments:

  1. Job marketnya gmn pak? Udah banyak perusahaan yang nyari sertifikasi ini?

    ReplyDelete
  2. Wah kalo job marketnya saya sendiri kurang tau, karena saya sendiri ga pernah apply2 job dan cari2 info lowongan yang butuh sertifikasi mobile security :(

    ReplyDelete
  3. Keren nih sertifikasi mobile aplication, saya sendiri baru tau ada

    ReplyDelete