Friday, September 01, 2006

Tired but Inspired ..

Yeah.. yeah.. yeah is just another story about BCS06 event, emang gak bisa dipungkiri kejadian 2 hari kemaren menjadi "shock therapy" tersendiri buat gw, Gimana enggak, materi yang melanda "otak" gw selama dua hari itu bagai air bah. Memang sih ini bukan yang pertama kalinya (ini event kedua yang di selenggarakan belua, dan satu-satunya event terbesar di Asia-Pasifik yang sanggup mendatangkan para Hackers kaliber dunia (setelah event blackhat di batalkan tahun lalu untuk wilayah asia)). Dan yang membuat gw makin shock adalah Paul typo Böhm yang merupakan salah satu founder TESO (lihat huruf pertama dari team TESO, yaitu T ? its mean typo) ikut berpartisipasi dan mengisi materi berjudul "Taming Bugs: The Art and Science of writing Secure Code", dan kurang lebih membahas tentang bagaimana menulis kode yang aman dan membahas berbagai celah yang mengakibatkan suatu kode bisa di eksploitasi. (menginggat TESO adalah salah satu grup yang giat membahas dan mempublikasikan celah Format Strings)

Balik lagi ke shock gw dan ke sebuah grup security bernama TESO yang di buat tahun 1998 dan telah memberikan suatu kontribusi berarti bagi industri keamanan di internet, dimana telah banyak hasil riset yang dipublikasikan/tidak dipublikasikan secara umum telah memberikan pelajaran berarti buat kita. Betul,jika bisa di sebut nge-fans, gw amat nge-fans ma grup yang di sebut oleh salah satu membernya Scut dalam interview yang di lakukan oleh Phrack magazine dalam issue 62 yang mengulas prophilenya dia menyebutkan TESO sebagai "Dream Team" dalam "one word comments". Oke, mau tau apa yang menyebabkan gw shock saat bertemu typo ( anggap saja gw berjumpa sama "thom E yorke"-nya RadioHead, atau James Labrie-nya Dream Theater... uhm rasanya lebih ) adalah usianya, ternyata setelah gw cari sedikit informasi (Seperti yang sudah gw ceritakan ke beberapa temen gw) umurnya kurang lebih 23 tahun (tuaan gw 1 tahun), dia buat TESO team bersama 3 teman lainnya pada umur 16 Tahun (gw buat echo umur 21 Tahun; ga ada maksud membandingkan echo dengan TESO :[ ), belajar pemrograman C dsb pada umur 8 tahun (gw belajar pake basic di umur 15 tahun). Dan yang lebih keren lagi ternyata "orangnya" asik, mau banget untuk sharing (sayang keterbatasan kemampuan verbal gw dalam English agak kurang , hehehe). Mengerti kenapa gw jadi shock banget ?.

Balik lagi kenapa gw sangat nge-fans sama TESO, karena pada saat awal-awal mula gw mulai ber-internet sampai gw "terjun ke scene" (if i may say that) kira kira di tahun 1999-2003 yang terdengar adalah kontribusi yang di berikan oleh Team ini (lebih ke nostalgia pribadi), mungkin hanya sedikit Hacking group yang mampu mengukir namanya di Dunia dan TESO adalah salah satunya (walau mereka telah menyatakan diri bubar), jadi TESO adalah salah satu grup idola gw, maka wajar dung gw shock buat ketemu foundernya (tahun kemarin sempat bertemu skyper(TESO member), i wish i could met scut)?? ..

gw sempat mengabadikan foto gw bertiga dengan the-day dan typo



Hehehe, Gw gak ngebahas soal materi BCS nih, gak ngebahas soal teknis juga (ga ada yang perlu gw komentari "Its Awesome"), gak ngebahas pembicara lain ("They Are Great", i dont have to mention them one by one), sori gw cuma ngebahas idola gw, mo tau idola lainnya ? gw pengen ketemu scut (TESO), Van hauser (THC), plasmoid (THC). (jim, bellua ngundang mereka dunk buat tahun ke tiga nanti, n mudah mudahan gw masih di kasih free-pas :P)

Seperti yang gw perbincangkan dengan anonymous-co-editor
(10:47:25) anonymous-co-ed: btw, acara di BCS udah kelar kan?
(10:47:57) ammar_wk: udah :D
(10:48:05) anonymous-co-ed: hehehe :)
(10:48:10) ammar_wk: lagi mo nata hasil shock theraphy kemaren
(10:48:20) anonymous-co-ed: :)
(10:48:20) anonymous-co-ed: ok2x
(10:48:36) ammar_wk: masih shock nih :)
(10:48:47) anonymous-co-ed: emang shock kenapa nih?
(10:48:53) ammar_wk: ibarat ketemu ma james labrie or thom e yorke nih
(10:48:56) ammar_wk: malah lebih :))
(10:49:06) anonymous-co-ed: hehehe :)
(10:49:06) ammar_wk: ketemu ama typo :D
(10:49:13) anonymous-co-ed: =))
(10:49:17) ammar_wk: padahal taun kemaren udah
(10:49:39) anonymous-co-ed: ok, semoga shocknya tidak berkelanjutan :)
(10:53:41) ammar_wk: heheheh, iyah
Wake Up y3dips/... build Echo Then !.. HAppy BirthDay echo ... Selamat Ultah yang ke-3

5 comments:

  1. i can't read this text - but hell yeah, it's enki ;-) (the guy in the middle)

    greetings from vienna/austria
    cygenb0ck

    ReplyDelete
  2. kabar dari typo, scut sudah gak lagi fokus soal computer security. kalau plasmoid, dia paling males jalan-jalan jauh. diusahakan tahun depan ada van hauser, itu juga kalau dia gak sibuk.

    ReplyDelete
  3. hello om y3dips, how are you? asik ya bisa ketemu hacker hacker dunia, mau dunk

    ReplyDelete
  4. @anonymous/enki/typo: suprise, u visit my blog :), ive already send an email to your mail at enki@kybernet.org but did u get it ?, anyway nice to have a comment from u, c u later (syukur lo gak ngerti, kalo gak gw tengsin .. heheheh)

    ReplyDelete
  5. @jim geovedi: pengennya sih ke HITB06, kan ada VH dan bruce Schneier, tapi keknya gak bisa deh, jadi nunggu BCS07 aja deh :P

    ReplyDelete