Wednesday, May 28, 2008

Interview \\ y3dips \\

Ini adalah interview gw yang di lakukan oleh poni (salah satu member yogyafree) dan di rilis pada edisi ke 9 majalah elektronik yang di terbitkan oleh yogyafree dan bisa di donlod di sini, maaf jika terkesan narcis :P, hehehe

Berikut interviewnya (majalah elektronik yogyafree, "Interview \\ y3dips \\" halaman 17-19)

Nama salah satu senior di dunia TI seperti y3dips , Founder komunitas e-c-h-o (www.echo.or.id / http://e-rdc.org) tentunya sudah tidak asing lagi di telinga penggiat hacking dan sekuriti. Berikut ini adalah hasil wawancara team X Code dengan y3dips.
Salam, kami dari team X Code / Yogyafree / Yogya Family Code bermaksud mewawancarai saudara. Terima kasih untuk waktu dan kesediaan anda menjawab beberapa pertanyaan dari kami.


[Q] Pertama-tama, Kami ingin mengucapkan selamat kepada anda untuk Karya yang telah dipublikasikan oleh penerbit Jasakom. Sebuah novel yang memberikan nuansa baru dalam dunia hacking dan sekuriti "HACKER. its not about BLACK or WHITE". Bagaimana kesan anda secara pribadi terhadap buku ini?
[y3dips] Terima kasih banyak, sebenarnya saya cukup kaget dengan sambutan yang diberikan oleh teman-teman semua atas buku ini, Dan cukup bahagia atas semua tanggapan yang ada. Saya cukup puas, maklum ini baru buku pertama saya.

[Q]Bagaimana sih awalnya ide untuk menulis buku ini?
[y3dips] Menulis sebuah buku sebenarnya sudah merupakan salah satu cita-cita saya,mengapa? karena dengan menulis sebuah buku maka kesempatan kita untuk berbagi akan lebih luas lagi, dibanding media seminar dsb. Ide tentang buku ini sebenarnya pengalaman pribadi bahwa membaca cerita baik komik, novel dsb yang di sampaikan secara ringan dan sederhana itu lebih mudah di cerna dan memberikan rasa santai kepada pembaca, kebetulan beberapa tahun yang lalu "kepincut" dengan buku terbitan syngress yang sudah 4 seri yaitu "how to own series", cuma memang dibuku itu teknik-teknik yang dibahas juga sudah relatif cukup tinggi, tetapi ide penyampaian yang digunakan dengan cara meramu teknik hacking dalam sebuah kisah itulah yang coba saya terapkan di buku saya.

[Q] Anda tentu mendapatkan banyak respon dari pembaca. Saran dan kritik seperti apa sih yang paling banyak anda dapatkan?
[y3dips] Beragam sekali, paling banyak sih ucapan pemberi semangat yah, dan emang itu yang kita butuhkan serta masukan-masukan berarti yang selama ini hanya terbersit atau tak pernah terpikirkan oleh saya :) yang jelas menulis buku itu menyenangkan :)

[Q] Apakah saat ini anda mempunyai rencana untuk menulis buku lagi?Kalau ada, bisakah anda memberikan sedikit bocoran?
[y3dips] Ada, rencananya buku kedua yang merupakan lanjutan dari kisah indi60 (hacker: its not about black or white), dan sudah saya mulai awal tahun ini. Bocorannya, hmm apa yah :p, indi60 sudah 17 taun :P .. hehehe yang jelas akan lebih seru lagi, Mungkin secara teknik akan lebih banyak peningkatan yah, hmm pokoknya tunggu aja n doakan cepat selesai :), mau kasih masukan ? silahkan ke http://indi60.wordpress.com , hehehehe :P

[Q] OK. Kita beralih ke masalah sekuriti di Indonesia. Bagaimana menurut anda perkembangan komunitas TI Underground dari tahun ke tahun?
[y3dips] Wah repot yah, soalnya kalo underground seharusnya ga ketauan :P, kan underground ... hehehe. Tapi secara umum, komunitas IT Security di Indonesia Semakin matang dan dewasa dibanding saat saya mulai terjun kedunia ini :), semakin banyak riset yang dilakukan, Kelompok-kelompok yang semakin rapi dan terorganisir dengan baik, punya visi misi serta tujuan membangun, Walau disayangkan masih ada motif yang bersifat
negatif tetapi mudah-mudahan itu bisa menjadi sarana untuk mendewasakan Kalangan IT security dan underground khususnya dan keseluruhan masyarakat pada umumnya.

[Q] Jika kita amati secara seksama baik melalui chat room di irc, situs, milis, forum dll. User awam umumnya selalu mengidentik Hacker dengan "deface", "carding", dan "menginjeksi server". Padahal hacking itu sebenarnya sangat luas. Bagaimana pendapat anda mengenai pandangan mereka?
[y3dips] Orang awam berpendapat seperti itu dipengaruhi oleh media baik lokal maupun internasional. Yang baik saja bisa jadi buruk jika sudah di"modifikasi" oleh media :) Sekarang adalah bagaimana cara kita untuk memberikan pandangan yang imbang buat khalayak ramai, biar mereka bisa menilai secara luas, caranya silahkan dipilih masing-masing :), terus terang itu yang coba saya lakukan di buku saya. Gampangnya seperti ini, ada seorang guru yang membunuh, lalu apakah profesi guru itu buruk ? dan setiap guru di cap pembunuh. :)

[Q] Apakah anda pernah ditawari oleh pihak-pihak tertentu untuk melakukan penetrasi ke sistem badan usaha atau lembaga lain secara ilegal(tentunya dengan bayaran)?Kalau iya, bagaimana respon anda?
[y3dips] Pernah, sering bahkan :) hehehe "if i told you, i have to kill you" :P Anggap saja angin lalu, kalo dari pihak yang bukan pemilik :) , kecuali dari pihak yang memiliki badan usaha/lembaga itu sendiri yang meminta dengan motif yang jelas :)

[Q] Pernahkah anda terjebak secara tidak sengaja seperti yang terjadi pada "Arik" dalam buku karangan anda?
[y3dips] Alhamdulillah belum pernah, tetapi ada loh teman-teman yang pernah, dan itu kisah nyata dari seorang teman :) ada yang bilang orang bodoh kalah sama orang pintar, pintar kalah sama yang cerdas, cerdas kalah sama yang licik :)
INGAT!!! bukan berarti saya anjurkan jadi orang licik ya ... hahahaha :)

[Q] Ok deh. kita sekarang ngobrol santai aja. Apa aja kegiatan anda sekarang?
[y3dips] Kerja cari duit untuk hidup, ngoprek komputer sekuatnya (jika tidak ya nonton tipi, film,maen game) selebihnya menjalani hidup seperti kamu juga, makan, tidur dan beribadah

[Q] Punya kegemaran baru nga? seperti olahraga, games, music dll?
[y3dips] Sebenarnya bukan baru, cuma baru terfasilitasi aja, Maen futsall 2 minggu sekali :) .Dulu suka maen band, cuma sayang sejak bekerja, member band lain sudah terpencar-pencar

[Q] Bagaimana sih cara menggoreng telur yang baik menurut y3dips?
[y3dips] Jangan di goreng dengan minyak tanah :P

[Q] Sekali lagi ini adalah pertanyaan serius yang santai dan sangat membosankan.Kami hanya berharap y3dips mempunyai versi update dari pertanyaan ini. "Bagaimana saran anda untuk semua penggiat hacking dan sekuriti agar bisa belajar secara terarah?"
[y3dips] Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh kita umumnya adalah kemalasan, khususnya untuk membaca, Sedangkan untuk menjadi terarah itu agak sulit apabila kita tidak menyukainya, JAdi tinggal pilih apakah membuat yang anda pelajari menjadi yang anda sukai atau mempelajari yang anda sukai :) Satu lagi, sebaiknya selalu sertai dengan praktek , baik networking, programming, desain dsb :)

[Q] :) satu pertanyaan terakhir .Pernah membaca majalah X Code? bagaimana pendapat, saran dan kritik anda?
[y3dips] Pernah, kalo tidak salah pada awal dibuat, seorang teman memberitahukan saya :) . Pertahankan, cukup sulit untuk membuat suatu karya apalagi majalah komputer/underground yang gratis dan berkualitas tetapi lebih sulit lagi mempertahankannya :) so, tetap semangat :)

[Q] Ini bukan pertanyaan. Tapi permintaan. Maukah anda menulis artikel untuk majalah kami?terima kasih
[y3dips] Saya menjawab "Mau", tapi tidak berjanji :) FYI: Saya akhir-akhir ini sedang kesulitan untuk meluangkan waktu khusus untuk menulis artikel teknis secara murni, lain halnya jika berupa ulasan seperti yang saya tulis di http://e-rdc.org. Jadi kasih kesempatan yang "muda-muda" deh, Hahahahaha.

yu ah mari(tm)

images are property of http://www.shadowhousepits.com.au

7 comments:

  1. hahahaha, dasar si om seleb :P

    tapi kayaknya ungkapannya gini deh...

    "ada yang bilang orang bodoh kalah sama orang pintar, pintar kalah sama yang cerdas, cerdas kalah sama orang beruntung"

    gitu oom... :D

    ReplyDelete
  2. @kosha: bah, seleb sih bukan, kalo narcis sih iya :D, setelah di lihat lagi emang ada panjang lanjutannya, (maklum namanya denger dari orang :))
    lengkapnya kurang lebih "orang bodoh kalah sama orang pintar. Yang pintar kalah dengan yang licik. Namun, ada yang tidak terkalahkan, yakni orang yang beruntung! - dikutip dari google (jiakakka)

    ReplyDelete
  3. hihihihi, ngeles nih yeee.... :P

    padahal sama gw juga denger dari mana gitu lupa.. :D

    ReplyDelete
  4. @kosha: sama dunk kalo gitu :P, smaa sama dah tuir :P

    ReplyDelete
  5. Orang beruntung kalah sama perempuan Oom

    ReplyDelete
  6. @Anonymous: pengalaman pribadi neh kayaknya :)

    ReplyDelete
  7. @Anonymous: perempuan kalah sama uang . halah .hehe...

    [et]y3dips: moga keberuntungan slalu memihak kita om. kakkk... :D

    ReplyDelete