Saturday, August 02, 2008

Blog Updated

Sudah cukup lama blog ini aku biarkan dengan semua hal default, bahkan hampir keseluruhan posting di blog ini adalah hal yang membosankan (teknikal, linux, kernel, gentoo, unix, hacking) bagi sebagian orang (is it you, or just my feelin?). Ya.. ya.. ya, jika dibandingkan awal-awal blog ini dibuat (lihat arsip tahun 2004, dan awal 2005) dengan postingan yang dilakukan setelah hari pencanangan perubahan posting blog ini dimulai, dan akan lebih signifikan akhir-akhir ini :).



Blogger (blogspot) adalah salah satu layanan tertua yang ada, dan tidak seperti wordpress yang sangat amat user friendly dan mendukung dengan berbagai kemudahan (widget) dan komunitasnya. Menetapkan untuk membuat sebuah blog dengan berbasiskan ( blog engine) blogger adalah suatu pilihan yang menarik dan menantang (jika anda tidak percaya silahkan mencobanya), well sekarang memang amat jauh lebih baik dan user friendly, sudah banyak perkembangan dari segi design (page element, gadget (widget) support, e.t.c) dibandingkan tahun-tahun terdahulu (HTML base customization), tetapi tetap hal yang menantang !. Dan aku kebetulan bukan orang yang terlalu suka dengan hal yang user friendly tidak menantang dan tidak menarik untuk di pelajari.(if it moves... compile it - Gentoo styles)



Pada perombakan kali ini, aku cukup banyak belajar kembali berbagai pelajaran yang bahkan sudah mulai aku lupakan, aku belajar HTML, javascript, JSON, bahkan men-design :). Hal pertama yang aku lakukan adalah dengan melakuan migrasi nama domain dari y3d1ps.blogspot.com menggunakan domain pribadi dan aku beri nama clog.ammar.web.id, jika kalian bertanya kenapa "clog"?, aku akan menjawab "c" itu setelah "b" :). Setelah melakukan migrasi nama domain maka banyak hal buruk yang terjadi (jangan sekali-kali melakukan migrasi nama domain blog yang kalian miliki, terutama buat para pemuja "SEO" :lol:), diantaranya adalah PageRanking yang turun drastis ke "0", setelah sebelumnya mendapatkan rangking "4", serta perlengkapan SEO lainnya yang seolah olah merasa tertipu dengan domain yang berbeda. Well, untuk belajar memang haruslah ada pengorbanan, dan untunglah aku belum me"lacur"kan blog ini keberbagai jenis adsense, sehingga tidak ada masalah bagiku untuk mereset seluruh popularitas (jika ada).



Hal berikutnya adalah mulai melakukan perubahan tampilan, dan berikut salah satu situs yang menjadi acuan buatku dalam merubah design dan fitur (widget/gadget) yaitu: bloggerbuster. Jika kalian adalah pemakai "blogger" sebagai engine, maka dapat juga mengacu ke situs tersebut, walaupun tidak semuanya langsung dapat di aplikasikan secara sempurna. Untuk design (three column template), aku harus secara manual melakukan beberapa perbaikan pada template yang baru, khususnya untuk menggunakan fasilitas komentar terintegrasi (inline comments), serta melakukan modifikasi CSS (style) untuk komentar.



Adapun beberapa widget/gadget yang aku tambahkan dan tidak merupakan default widget/gadget dari blogger adalah: top post, recent post, recent comments (menggunakan comment rss (add feed gadget)), feedburner subscribe box (email/reader), related post, currently reading, recent reader. Untuk blog kali ini aku juga membuat beberapa badge :), dan bisa teman-teman gunakan, jika dirasa cukup menarik.

Akhirnya terbayar juga beberapa minggu yang aku habiskan untuk merombak blog ini, mudah-mudahan menjadi lebih menarik, serta akan aku upayakan untuk tidak melulu posting mengenai hal-hal teknikal, tetapi jangan paksa aku untuk sering-sering posting hal gak penting :)



Jadi, apa pendapat anda tentang wajah baru blogku ini?

Oke, enjoy all, happy blogging!

8 comments:

  1. hehe.. mayan ko omz ;)
    bravo yakz...


    by. aieverest

    ReplyDelete
  2. @aieverest: thx yah, kalo ada ilmu yang aku belun tau, tolong dikasih tau yah :)

    ReplyDelete
  3. good2 sukses terus om

    ReplyDelete
  4. @kaiten: ini kaiten yang mana yah? :P , banyak yang pake id kaiten seh (afaik), yo wes.. sukses terus juga yah om :)

    ReplyDelete
  5. hmm... tampilannya fresh.

    makin mantap dengan (sub)domain baru.

    sukses terusss!!!!

    ReplyDelete
  6. ap[R]: thx, sukses juga yah :)

    ReplyDelete
  7. ckckck..kedengarannya rumit yah. or it is just me? anyway busway, i like the look..

    ReplyDelete
  8. yudz: nothin as it seems bro, just try :), anyway busway, thx for the compliment

    ReplyDelete