Friday, August 08, 2008

echo|zine issue 19 dirilis


======= 080808 ---|

08-08-08, "sebuah angka yang mungkin bagi sebagian orang dianggap keramat, angka ajaib, atau angka keberuntungan dan sebagainya"
Tetapi, hal itu tidak berlaku bagi kami, angka ini lebih kepada "kutukan", setelah kami memutuskan untuk menerbitkan issue 15 pada 06-06-06, kemudian di perkuat dengan rilis issue ke 17 satu tahun kemudian pada tanggal 07-07-07.Ya, ya, ya sebuah Call for paper (CFP) telah memperkuat kedudukan 08-08-08 untuk menjadi hari lahirnya/terbitnya issue ke 19 kami.

"Kutukan" ini berarti sangat baik bagi kami, karena setidaknya dalam 1 tahun minimal kami haruslah merilis 1 buah issue ("yang mungkin kutukan ini bisa terpatahkan di tahun 2013 - az001")

Bulan ini juga adalah bulan kemerdekaan nusantara yang ke 63 tahun, dan sebelum terlambat, maka kami mengucapkan selamat ulang tahun kepada nusantara, lupakan sejenak hingar-bingar dan gegap gempita pencalonan pemimpin daerah yang dihiasi wajah para artis, marilah kita kenang sejenak perjuangan para pahlawan kita,dan mulailah bangkitkan semangat untuk memerdekakan diri kita dari segala bentuk penjajahan. Terutama penjajahan dari Kebodohan!


======= Kabar Echo? ---|

"1 bulan lagi Echo akan berusia 5 tahun, mudah-mudahan semua yang echo berikan walaupun sedikit dapat bermanfaat bagi komunitas underground di Indonesia." - staff

Ditahun yang kelima ini kami kembali berbenah. Ya, ditahun inilah berbagai urusan dunia nyata semakin membuat kami menjauh dari dunia underground, beberapa staff bahkan menambah panjang daftar staff yang sudah berkeluarga, di tahun 2008 ini
sudah 2 orang staff yang melepas status sendirinya, dan kemungkinan 2 orang staff lagi juga akan melepaskan status sendirinya di sisa tahun 2008 ini. Inilah siklus hidup yang tidak bisa kita hindari. sehingga "idealisme" terkadang terdengar sayup-sayup..

Dan disinilah kami mencoba mempertahankan "idealisme" kami.

Staff echo yang jumlahnya dapat dihitung jari pun, seiring waktu berkurang. Berkurang? Tidak secara jumlah (kuantitas) tetapi lebih kepada kontribusi nyata (kualitas), Ya, tidak ada yang salah dengan itu, setiap staff memiliki komitmen untuk bertahan atau tersapu menghilang, dan komitmen itu pulalah satu-satunya hal yang mempersatukan. Saat komitmen mulai mengendur, maka saat itulah berkontribusi akan terasa sulit. Bukan, bukan hanya usia yang menjadi penghalang, masih banyak lagi, karena hidup itu misteri dan hal itu yang menyebabkan hidup ini indah.

Dan (sekali lagi) kami disini (kali ini) untuk memastikan bahwa echo akan bertahan!


======= issue #19 ---|

Issue kali ini dibuka dengan sebuah pseudo-random yang ditulis oleh anonymous, pada kesempatan kali ini anonymous secara tajam menyoroti berbagai kejadian di seputar komunitas, terbentuknya sebuah kompetisi ?, serta bagaimana menjadi yang terbaik. Dilanjutkan dengan penjabaran sebuah kegiatan yang diberi nama "idsecconf2008", yaitu sebuah artikel yang berisi proposal rancangan kegiatan
konferensi komunitas keamanan teknologi informasi se-nusantara, yang nantinya diharapkan dapat membangkitkan gairah para penggiat keamanan teknologi informasi, khususnya komunitas underground.

Dua buah artikel yang membahas bidang keilmuan kriptografi menghiasi issue kali ini, dimulai dengan sebuah artikel dari mamasexy yang membahas tentang Digital signature, artikel inipun disertai kode yang ditulis dengan bahasa pemrograman java. Dilanjutkan oleh x-diamond1 dengan sebuah artikel berjudul "cryptography : Simple a-symetrik algorithm", yang juga didukung dengan barisan kode perl sebagai pelengkapnya. Pada issue kali ini pula, kami menampilkan 2 buah "profile" yang berisikan biodata dari 2 individu yang cukup dikenal di kalangan underground dan keamanan praktis. Dimulai dengan cybertank, yang merupakan salah seorang staff kecoak elektronik, lalu lirva32, yang merupakan salah seorang staff echo yang sampai sekarang masih menjaga idealismenya dan aktif di komunitas.

Artikel "whats goin on echo forums" kali ini akan di tukangi oleh az001, menginggat berbagai kesibukan yang dihadapi oleh anonymous-co-editor yang biasanya menulis rubrik ini. Kali ini issue yang sangat hangat adalah beberapa "room" yang dianggap melanggar peraturan oleh penyedia layanan hosting dan bandwidth dan berakibat seluruh sub-domain echo.or.id tidak dapat diakses, serta beberapa bahasan menarik dari forum juga ikut menghiasi artikel/rubrik ini.

Dibidang keilmuan keamanan, diisi 4 buah artikel, dimulai dengan sebuah artikel berjudul "Bailiwicked DNS Attack (Cache Poisoning)" yang di tulis oleh Cyberheb, menjelaskan tentang celah pada protokol DNS yang ditemukan oleh Dan Kamiansky dan menjadi perbincangan hangat di komunitas keamanan baru-baru ini, kemudian sebuah artikel dari y3dips yang membahas mengenai sebuah
program berbasiskan bahasa pemrograman python, bernama Scapy, program yang sudah sangat terkenal dikalangan underground ini bahkan dijadikan module yang ampuh untuk membuat exsploit yang portabel, Scapy juga sangat membantu untuk belajar memahami kinerja protokol/jaringan,bahkan mempermudah kita menciptakan peralatan hacking.

Issue kali ini ditutup dengan 2 buah artikel pendek yang dirangkum dalam Hacker`s logbook, artikel pertama yang di tuliskan oleh az001, mengajarkan kita bagaimana memanfaatkan wget sebagai content fuzzer, teknik ini sangat efektif dikarenakan hampir disetiap mesin linux/unix yang tersebar di internet terinstall wget, kemudian di sisi berlawanan adalah sebuah artikel dari lirva32 yang mengajak kita untuk mengamankan webserver yang kita miliki dengan cara menginstall sebuah firewall untuk aplikasi web yaitu mod_security.


Selebihnya, selamat menikmati sajian kali ini :)

y3dips,
Founder ECHO.or.id


======= Table of Contents ---|
01. Introduction .................................................. y3dips
02. Pseudo-random .............................................. anonymous
03. id-sec-conf-2008 ........................................... echo|stff
04. Digital Signature secara gampangnya ......................... mamasexy
05. cryptography : Simple a-symetrik algorithm ................ x-diamond1
06. Prophile on CyberTank
Prophile on lirva32 ....................................... echo|staff
07. Whats goin on echo forum ....................................... az001
08. Bailiwicked DNS Attack (Cache Poisoning) .................... Cyberheb
09. Scapy: obrak-abrik paket data ................................. y3dips
10. Hackers Logbook
wget sebagai content fuzzer .................................... az001
Lindungi Asset Web Server Dengan Mode Security ............... lirva32

======== Shoutz ---|

- Jim Geovedi & theday .. selamat menempuh hidup baru dan semoga keberkahan
dan kebahagiaan selalu mengalir
- Generasi muda dunia underground Indonesia, "ayo bangkit"

======== Contact ---|

Editor-in-chief & co-ed : anonymous@echo.or.id
Submissions : ezine@echo.or.id
Commentary : ezine@echo.or.id
Echo Diplomatic Squadron : echostaff@echo.or.id
URI : http://ezine.echo.or.id

echo|zine issue 19, 08/08/08. ISSN IDUN-CARE
Copyright (c) 2008 echo|zine. All right reversed.

echo|zine issue 19 -- dari staff (contributors), oleh staff (lazy editors),
untuk SEMUA (You! YES, YOU!)


*- $e19dot001dottxt - echo|zine - issue#19 - 080808 -*

13 comments:

  1. izin sedot.. wkekekeke.. sedot lagi nih.. :P

    salam kenal aja deh..

    ReplyDelete
  2. @andi: silahkan, langsung aja ke TKP .(ga perlu di anter kan:P)
    salam kenal juga..

    ReplyDelete
  3. akhirnya muncul lagi ezine terbaru.
    Selamat ... good job.

    Salam echo'ers ;)

    ReplyDelete
  4. Selamat untuk echo yang akan memasuki masa setengah dasawarsa, salam kenal untuk Mas Ammar...

    ReplyDelete
  5. @me: selamat menikmati :)
    @sapimoto: hehe, iyah.. salam kenal juga mas sapimoto?

    ReplyDelete
  6. Nice starting guide to Scapy :)

    ReplyDelete
  7. L41n: yup, mudah-mudahan artikel tersebut dapat menjadi "karpet merah" buat teman-teman semua untuk mepelajarinya dan ber-eksplorasi lebih jauh, walaupun artikelnya di buat dadakan (*dalam waktu kurnag lebih 2 jam), tetapi mudah-mudahan bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. wow mantab ado e-zine baru ye,yolah dibaco - baco dulu, mogo be bisa ngerti huehuehuehue, sukse kk y3d1ps... doain ye aku biso jadi hacker

    ReplyDelete
  9. @-=[d09m4]=-: di baco, dipelajari trus di cuboke, amin

    ReplyDelete
  10. Ikutan belajr aah..ikut ijin download ..
    gue udah lama tau echo..tapi malu mau ikutan nimbrung :D

    ReplyDelete
  11. @bukhory: met download, mudah-mudahan bermanfaat :)

    ReplyDelete
  12. kayaknya ada ilang nih.....artikel yang menghapus log..please ane butuh banget untuk forensic

    ReplyDelete
  13. @usama: artikel anti forensic itu di issue 20 :), coba cek http://ezine.echo.or.id buat lengkapnya

    ReplyDelete