Sunday, January 11, 2009

Rangkuman Minggu Pertama di 2009

Hail Researcher, cukup terlihat beberapa hari ini gw tidak ngupdate ini blog, bukan karena ga ada cerita/riset yang pengen di bagi, bukan juga karena gw lagi males buat riset. Tetapi gw pikir belum ada yang keren buat di jadiin satu artikel berarti. Tetapi daripada nganggur dan mati selera buat nulis, maka lebih baik gw bagi aja deh beberapa hal yang gw kerjain sampe minggu ini walau gak belum tuntas, disamping menyempatkan untuk maem dan nonton film 27 Dresses bareng istri tercinta di saat "wiken" :)

Evolution- Exchange2007; Salah satu hal yang masih sedikit memusingkan gw (sejak lama) adalah permasalahan dengan exchange 2007 (jangan tanya kenapa gw pake exchange, ya karena saat ini pekerjaan gw masih membuat gw memanfaatkan exchange, walaupun webmail masih mendukung), permasalahan dimulai saat exchange connector yang dimiliki oleh evolution sudah tidak mampu menghandle rikues ke exchange 2007, ya.. ya..ya. gw butuh itu agar bisa memanfaatkan Exchange Calender dan GAL.

Akhirnya, gw mencoba mencari pelampiasan untuk mengakali permasalahan ini, sampai akhirnya nongkrong ke situs evolution-brutus, sampai membuatkan 2 buah patch , 1untuk evolution-brutus ebuild (pacth src_unpack agar langsung ngepatch) dan patch untuk config evolution-brutusnya sendiri.Tetapi karena setidaknya gw masih butuh satu mesin lagi buat jalanin brutus server, akhirnya gw urungkan untuk menggunakan evolution-brutus-server.

Dan menunggu sampai gw sempet kompile (or rilis ebuild pribadi tuk gentoo, secara paket dah diunduh semua) versi unstable rilis evolution versi 2.25.4 atau nunggu dirilis resmi yang kabarnya sudah didukung evolution-mapi (libmapi openchange) dan katanya menggantikan evolution-exchange connector besutan openchange di rilis (yang isunya akan di rilis bersamaan dengan dirilisnya gnome 2.6.0, yang artinya 3 bulan lagi), saat ini gw menyerah dan pasrah dengan IMAP dan SMTP over SSL untuk evolution gw dan terkadang lebih memilih menggunakan https webmail :lol:


Upgrade ipod touch firmware; Hal kedua yang gw lakukan di minggu ini adalah mengupgrade firmware 1.1.1 ipod touch generasi 1 gw ke versi 2.2. Sudah berkali-kali temen gw nanyain apakah gw dah upgrade itouch gw ke 2.2, karena banyak fitur yang baru serta gw juga bisa menggunakan appstore (install game). Tetapi alasan gw tetep sama, alias gak sempet :P. Padahal sebenarnya gw males kalo harus berkali-kali restore firmware jika proses jailbreaking gagal, dan waktu itu gw masih malas untuk kehilangan berbagai aplikasi BSD yang gw install.

Setelah browsing sana-sini, dan karena ada sedikit waktu luang akhirnya sempat juga buat ngupgrade firmware ke 2.2 dan sekaligus nge-jailbreak-nya, dan ternyata lebih sulit nyari versi firmware 2.2 untuk ipod touch generasi 1 daripada proses upgrade dan jailbreaknya menggunakan QuickPWN ver 2.2 :lol:, bagi yang mo unduh silahkan kesini, dan selamat menikmati versi 2.2.

Xterm exploit; Kalo kali ini murni gw iseng aja, abis terima "SecurityFocus Linux Newsletter #421" dan ngeliat urutan pertama linux vulnerability summary adalah xterm DECRQSS Remote Command Execution Vulnerability, dimana menunjukkan kegagalan xterm untuk mensanitasi inputan dari user, sehingga user dapat mengeksekusi perintah/command secara remote, untuk Xterm versi 237 gentoo ternyata tidaklah vulnerable :) , dan setelah di check ternyata umumnya debian, ubuntu, dan redhat yang sebagian besar vulnerable, untuk contoh eksploitasinya adalah perl -e 'print "\eP\$q\n[command]\n\e\\"'> test dan akhirnya gw cobakan di ubuntu 8.04 running sebagai guest OS di VM, yah lumayan menghibur, tinggal modifikasi teknik exploitasinya biar jadi maknyus :)

Google Chrome for linux; sebenarnya sih baru selesai download 478448384 bytes Codebase chrome untuk linux di sini, yang rencananya pengen gw coba build di gentoo gw, tetapi gw kudu punya sedikitnya 3 GB space buat ruang kerja... hiks, nah ini yang belum gw punyain, jadi mungkin masih kepending ini kegiatan. Ada yang mo cobain?.

Sebenarnya ada beberapa kegiatan lain sih, seperti koding kecil-kecilan, diskusi kecil dengan teman-teman, scouting sana-sini buat keperluan regenerasi echo (hehehhe), doing some underground activity (grrrrr... and yes!, im not dead.. just..evolving :lol:). Tetapi, mudah-mudahan beberapa hal diatas yang meskipun sedikit, dapat bermanfaat bagi kita semua.

Ok, see y all around!

No comments:

Post a Comment