Saturday, September 12, 2009

Snowleopard & Macports

Ok, bagi para pengguna Macports di leopard (10.5) pasti akan sangat merasa terganggu dengan kehadiran snow-leopard (10.6) (termasuk gw), bukan karena snow-leopard tidak lebih baik dari leopard di sisi preformance dsb, bahkan malah sebaliknya. Tetapi snow-leopard akan membuat macports anda menjadi "ambural", ada beberapa tips di internet, tetapi (khusus) untuk gw tidak ada yang berlaku, ingat! anda tetap harus menginstall Apple Xcode dan X11 dari cd snow-leopard anda.
  • Menginstall versi .dmg untuk macports yang tersedia di sini
  • Menginstall dan meng-uninstall paket yang dilaporkan "gagal" atau bermasalah saat butuh dependensi dari suatu paket yang ingin kita install.
  • Menginstall versi SVN tanpa meremove macport versi terdahulu juga akan mengakibatkan kegagalan pada installasi beberapa paket (permasalahan dependensi)
  • Dan beberapa cara lain yang bisa gw bayangkan untuk di lakukan,
Sehingga sampai pada suatu keputusan untuk meremove/meng-uninstall terlebih dahulu macport 10.6 yang telah terinstall di leopard (10.5), dengan resiko kehilangan seluruh aplikasi yang sudah di install menggunakan port tersebut (ex: nmap, wget, htop, ruby, nemesis, ssldump, scapy, dkk), adapun caranya adalah seperti yang tertera di situs resmi macports mengenai proses uninstall:
%% sudo rm -rf \
/opt/local \
/Applications/DarwinPorts \
/Applications/MacPorts \
/Library/LaunchDaemons/org.macports.* \
/Library/Receipts/DarwinPorts*.pkg \
/Library/Receipts/MacPorts*.pkg \
/Library/StartupItems/DarwinPortsStartup \
/Library/Tcl/darwinports1.0 \
/Library/Tcl/macports1.0 \
~/.macports
Kemudian lakukan installasi macports terbaru dari svn
%% svn checkout http://svn.macports.org/repository/macports/trunk
%% cd /trunk/base%% ./configure --enable-readline%% make%% sudo make install%% make distclean 
Lanjutkan dengan meng-update-nya, dan silahkan menikmati macports di snow-leopard anda, untuk yang menggunakan koneksi pas-pas-an, mengintsall scapy melalui port akan memakan waktu relatif lama. Terus terang, kepahaman gw tentang macports masih jauh dibanding kepahaman gw tentang portage di gentoo, jadi maaf-maaf kalo masih ala kadarnya :)

Anyway, Selamat Menikmati Macports di snow-leopard

1 comment: